Kamis, 13 September 2018 15:05

Gelar Sidak, Kanwil Kemenkumham Sita Ratusan Handphone Napi

Reporter : Fery Bangkit 
Istimewa
Istimewa [Dok. Rutan Bonwar]
Istimewa
Istimewa [Dok. Rutan Bonwar]

Limawaktu.id, - Sebanyak 150 handphone dan 80 charge disita dari warga binaan dan napi di Rumah Tahanan (Rutan) Kebonwaru Bandung pada Kamis (13/9/2018).

Temuan tersebut didapat saat Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Rutan Klas 1 Bandung, Jln. Jakarta, usai video pesta narkoba di Rutan Salemba tersebar. Tak ditemukan narkotik, petugas justru mendapati ratusan ponsel.

"Hasilnya tidak ada narkotik. Akan tetapi pak Kakanwil meminta para warga binaan untuk menyerahkan secara sukarela barang terlarang yang tidak boleh ada di dalam. Akhirnya mereka menyerahkan HP (handphone) mereka. Jumlahnya ada 150 HP dan 80 charger," kata Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kebonwaru Bandung Alviantino.

Sidak dilakukan oleh petugas lain saat para warga binaan yang jumlahnya 1.375 tahanan dan napi dikumpulkan untuk mendapat pengarahan dari Kakanwil Kemenkum HAM Jabar. Saat itu, petugas lain masuk ke dalam sel.

Barang elektronik itu lantas dikumpulkan. Petugas langsung mengeksekusi dengan cara menghancurkan ponsel di hadapan para napi dan tahanan Rutan Kebonwaru Bandung.

Berkaitan dengan video pesta narkotik di Rutan Salemba, dia mengklaim selama ini hal serupa tak terjadi di Rutan Kebonwaru. Beberapa temuan narkotik, sambung dia, berhasil digagalkan.

"Dalam tahun ini ada 3 kasus barang yang mau dimasukan ke dalam kita gagalkan. Pelakunya kita isolasi. Jadi bisa ditekankan tidak semua tempat seperti rutan ini bisa disebutkan ada pesta narkoba," tuturnya.

Video pesta narkotik di Rutan Salemba beredar. Video tersebut sempat ditayangkan dalam program Mata Najwa di Trans7 yang disiarkan kemarin malam.

Baca Lainnya