Senin, 30 September 2019 13:05

Festival Literasi Citarum, Penggugah Kesadaran Lingkungan Lewat Literasi

Reporter : Muhammad Ankawijaya
Festival Literasi Citarum, Penggugah Kesadaran Lingkungan Lewat Literasi
Festival Literasi Citarum, Penggugah Kesadaran Lingkungan Lewat Literasi [Muhammad Ankawijaya]

Limawaktu-id sastrawan Eriandi Budiman dan dosen UPI, Ma’mur Saadi membedah buku karya Gol A Gong Taman Baca Masyarakat (TBM) Bening Saguling, Kampung Babakan Cianjur, Desa/Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat menggelar acara Festival Literasi Citarum pada sabtu dan minggu, 21-22 September 2019.

Panitia acara, Edi Juharna mengungkapkan, festival ini digelar untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitar. Sasaran utamanya, para pelajar tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum. Lewat acara ini diharapkan akan membangun kesadaran lingkungan melalui dunia literasi.

“Untuk dapat ikut kegiatan ini, para peserta diharuskan membawa sampah plastik berupa botol kemasan air minum,” ujarnya, Dalam kegiatan ini, para peserta akan didorong untuk membuat karya tulis dan lukisan yang dapat menggugah terciptanya kesadaran lingkungan. Acara sendiri diisi oleh sejumlah pemateri yang berpengalaman, seperti penulis nasional Gol A Gong dan beberapa dosen UPI.

Acara ini dapat terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak yang cukup peduli pada lingkungan dan literasi. Diantaranya: ibu Atalia Praratya (istri gubernur Jawa Barat), Balai Bahasa Bandung, dan beberapa sponsor. “Sebenarnya,kegiatan ini sudah digelar sejak beberapa tahun lalu dengan nama yang berbeda. Meski begitu, tujuannya sama, membangun kesadaran lingkungan bagi murid, peserta, dan masyarakat sekitar,” tambah Edi. Adapun beberapa acara yang ada dalam festival ini adalah bedah buku karya Gol A Gong, lokakarya menulis artikel untuk media massa, kemah literasi, dan lomba-lomba.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer