Kamis, 1 Februari 2018 17:06

Empat Perusahaan Tekstile Ditutup Polda Jabar

Ditulis Oleh Yulie Kusnawati
Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Memberikan Penjelasan Terkait Penutupan 4 Perusahaan Tekstile.
Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Memberikan Penjelasan Terkait Penutupan 4 Perusahaan Tekstile. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar, kembali tutup empat perusahaan, karena melakukan pencemaran limbah ke aliran Sungai Citarum. Keempat perusahaan yang melakukan pencemaran lingkungan, diantara PT Selaras Idola Abadi di Kabupaten Bandung, PT Gede Indah yang berada di Kota Cimahi, PT Surya Tekstil di Karawang dan PT Sinar Sukses Mandiri yang ada di Kabupaten Purwakarta. Hal ini diungkap Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, di Mapolda Jabar, Kamis (1/2/2018).

Menurut Agung, keempat perusahaan tersebut, melakukan pembuangan limbah yang menyebabkan pencemaran lingkungan, sudah berjalan lima tahun.

"Pemeriksaan awal sudah 5 tahun dan setiap hari ada pembuangan limbah yang langsung dan modus ke empat perusahaan tersebut, membuang langsung (limbah pabrik), ada yang menggunakan ipal tapi ada juga yang langsung di buang," kata Agung.

Agung mengakui, walaupun telah dilakukan penutupan dan dilarang beroperasi, namun, pihak kepolisian belum menetapkan tersangka terkait pencemaran lingkungan yang di lakukan empat perusahaan tersebut. "Hingga saat ini, kami masih periksa hasil lab nya, apabila terbukti, maka akan langsung penyelidikan. Oleh karena itu para pemilik perusahaan belum ditetapkan menjadi tersangka," pungkasnya. (lie)