Senin, 29 Juli 2019 12:08

Edukasi Pilah Sampah Sambil Wisata Naik Sakoci

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Ada hal menarik dilakukan komunitas nasabah Bank Sampah Induk Cimahi (Samici ). Dengan mengajak warga naik bis wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) komunitas ini melakukan edukasi dan mengajak warga untuk melakukan pemilahan sampah untuk ditampung bank Samici dan mendapatkan tiket naik bis wisata.

Ketua Komunitas Bank Samici Eva Yohana mengatakan, edukasi pemilahan sampah ini dilakukan untuk memelihara kebersihan  lingkungan sekaligus berwisata. Caranya, warga menukarkan sampah anorganik dari rumahnya untuk diserahkan kepada Bank Samici, kemudian warga akan mendapat tiket untuk naik bis Sakoci untuk berwisata melihat potensi tempat wisata yang ada di Kota Cimahi.

“Masih ada yang beranggapan jika tarif Sakoci itu mahal, karenanya agar mereka bisa naik bis Sakoci mereka menukarkan sampah kepada Bank Samici untuk ditukar tiket,” katanya, Minggu (28/7).

Dikatakan Eva, kegiatan yang digelar komunitas mendapat respon dari dua SKPD di Kota Cimahi yakni Disbudparpora dan Dinas Lingkungan Hidup.

“Sakoci ada di Disbudparpora sedang bank Samici dibawah tanggungjawab Dinas LH, kami menggandeng kedua dinas tersebut untuk membantu warga yang ingin berwisata naik Sakoci, sekaligus edukasi bagaimana warga Cimahi memilah sampah di rumahnya masing-masing,” jelasnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi M Ronny mengapresiasi apa yang dilakukan oleh komunitas ini. Karena, selain membantu dalam penanggulangan sampah baik organik maupun non organik, warga juga mendapat wawasan bagaimana cara mengurangi sampah sejak dari rumah tangga.

“Sampah organik maupun non organik bisa berguna bahkan bernilai ekonomi, Buktinya, dengan pemiliahan sampah yang diserahkan ke Bank Samici, warga bisa mendapatkan tiket untuk naik bis Sakoci,” pungkas dia.   

Baca Lainnya