Sabtu, 17 Februari 2018 14:04

Dishub Jabar Temukan 7 Bus Bermasalah Saat Ramp Check di Lembang

Reporter : Fery Bangkit 
Pemeriksaan kelaikan bus pariwisata (ramp check) yang dilaksanakan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Polda Jabar.
Pemeriksaan kelaikan bus pariwisata (ramp check) yang dilaksanakan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Polda Jabar. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Belasan bus pariwisata yang melintas di kawasan Lembang, Bandung Barat diperiksa kelaikannya secara mendadak di Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang, Bandung Barat, kemarin (16/2/2018).

pemeriksaan kelaikan bus pariwisata (ramp check) dilaksanakan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Polda Jabar.

Hasilnya dari 13 bus yang diperiksa tujuh bus di antaranya bermasalah baik administrasi maupun teknis saat dilakukan pemeriksaan.

"Ada 7 (tujuh) bus yang bermasalah baik administrasi maupun teknis. Masalah teknis seperti ditemukan kebocoran rem di salah satu bus," ungkap Kasie angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Tata Bina Udin usai pemeriksaan.

Dia menyatakan, untuk kendala kebocoran di rem akan langsung ditangani pihak PO bus agar dapat kembali melanjutkan perjalanan. Selama belum ditangani maka bus tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan, atau kalau mau disediakan bus penggantinya.

Dikatakannya, dalam ramp check ini pihaknya memeriksa sejumlah bus pariwisata asal Sumatera, Jateng, Bantul, dan Lampung. Adapun penindakan kepada bus-bus yang terkendala masalah administrasi, langsung dilakukan penilangan oleh pihak kepolisian.

"Bus yang menemui masalah administrasi, contohnya ada yang harusnya AKDP tapi justru menjadi bus pariwisata," sambungnya.

Di libur panjang ini, dia mengimbau pengusaha bus dan taksi online untuk memperhatikan aspek keselamatan kendaraan dan izin operasionalnya demi keselamatan di jalan.

Baca Lainnya