Selasa, 11 Mei 2021 13:54

Di Disdukcapil Cimahi, Urus 1 Dokumen Dapat 3 Dokumen Sekaligus

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Penyerahan simbolis ketiga dokumen perkawinan kepada seorang warga Cimahi yang dilayani program One Day Service 3 in 1 yang dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, pada Selasa (11/5/2021).
Penyerahan simbolis ketiga dokumen perkawinan kepada seorang warga Cimahi yang dilayani program One Day Service 3 in 1 yang dijalankan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, pada Selasa (11/5/2021). [humas]

Limawaktu.id – Untuk mempermudah dan mengefisienkan pengurusan dokumen kependudukan terutama bagi pasangan muda yang baru menikah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi menjalankan program One Day Service 3 in 1.

Dalam program itu, setiap warga Kota Cimahi yang mengurus satu dokumen kependudukan akan sekaligus dibuatkan 3 dokumen yang langsung selesai dalam waktu sehari, sehingga pemohon yang bersangkutan tidak perlu bolak-balik datang untuk mengurus dua dokumen terkait lainnya di kemudian hari.

Kepala Disdukcapil Kota Cimahi Hj. Ipah Latifah mengatakan, dokumen yang dibuat dalam program One Day Service 3 in 1 ini sudah memuat data yang paling update. Contohnya, pemohon yang mengurus dokumen perkawinan akan langsung dibuatkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan status perkawinan terbaru.

“Khusus bagi pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan, Disdukcapil dan KUA langsung memberikan 3 dokumen yakni berupa surat nikah, KTP suami istri dengan status baru, dan Kartu Keluarga,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (29/04/2021).

Menurut Ipah, program ini merupakan salah satu inovasi terbaru yang dijalankan pihaknya dalam rangka menciptakan pelayanan yang berkualitas dan efisien, untuk memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen kependudukan masyarakat Kota Cimahi.

“Insya Allah ke depannya kami akan integrasikan dengan Kantor Urusan Agama (KUA, red). Saat ini kami masih dalam proses diskusi dengan kantor Kemenag (Kementerian Agama, red) Kota Cimahi untuk menyusun perjanjian kerja sama khusus pernikahan pasangan muslim,” ujarnya.

Ia berharap, One Day Service 3 in 1 ini dapat meningkatkan efisiensi pelayanan kependudukan masyarakat, termasuk mereka yang baru melangsungkan pernikahan sebagai salah satu penerima manfaat dari program layanan tersebut.

Selain dokumen perkawinan, program Disdukcapil Kota Cimahi ini juga melayani berbagai pengurusan dokumen lain yang termasuk Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting. Untuk yang mengurus Akta Kelahiran, akan langsung mendapatkan KK Penambahan Anggota Keluarga, dan Kartu Identitas Anak.

Bagi yang mengurus Akta Kematian, akan langsung dibuatkan KK baru (peniadaan anggota keluarga yang meninggal) dan E-KTP dengan perubahan status kematian.

Penduduk Kota Cimahi yang mengurus Akta Perceraian, Disdukcapil Kota Cimahi akan langsung sekaligus membuatkan KK (dengan perubahan elemen data dan E-KTP

Terakhir, pengurusan dokumen SKDWNI (Surat Keterangan Datang WNI), akan dibuatkan juga KK dan E-KTP.  Disdukcapil juga melayani pengurusan SKPWNI (Surat Keterangan Pindah WNI).

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer