Rabu, 27 Januari 2021 19:50

Delman Prokes Inovasi Polres Sumedang Sosialisasi Covid-19

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada hal berbeda dilakukan Polres Sumedang dalam melakukan sosilaisasi kepada masyarakat terkait dengan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang. Jajaran polres yang dipimpin AKBP Eko Prasetyyo Rubianto ini membuat terobosan baru dengan menggulirkan Delman Prokes.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo mengungkapkan, pihaknya melakukan sosialisasi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19 dengan melibatkan Super Hero agar menarik perhatian semua kalangan dari anak kecil hingga dewasa, termasuk melaksanakan Operasi yustisi dan penertiban bagi pelanggar protokol kesehatan.

"Kami juga membagikan masker kepada pelanggar yang tidak memakai atau membawa Masker," jelasnya.

Selain itu, kata dia, untuk membantu warga yang terkena dampak Covid-19, juga dilakukan pembagian sembako. Delman Prokes Polres Sumedang serta melibatkan Super Hero tersebut adalah inovasi baru dari Polres Sumedang.

"Semoga ini dapat dapat mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di Wilayah Kabupaten Sumedang," imbuhnya.

Delman Prokes adalah kegiatan sosialisasi dimana delman dipasangi alat pengeras suara di bagian atas. Alat tersebut mengeluarkan suara ajakan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, agar lebih menarik, delman juga dihias sedemikian rupa.

Menurut Eko, delman dinilai lebih efektif untuk melakukan imbauan protokol kesehatan, karena bisa menjangkau semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Upaya ini juga sebagai bentuk penyegaran dalam menjalankan operasi yustisi yang sudah dilakukan selama satu tahun, sehingga perlu ada cara yang berbeda agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Pembatasan sosial sudah dilakukan kepada masyarakat, tentunya ada kejenuhan jadi harus dilakukan inovasi," pungkasnya

Baca Lainnya