Jumat, 1 September 2017 9:34

BPJS Kesehatan Cimahi Optimalkan Peran Kader JKN

News Kader JKN
BPJS
BPJS [BPJS Cimahi Photo]

Limawaktu.id - untuk penguatan dan pemahaman para kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) BPJS Kesehatan Cabang Cimahi melaksanakan kegiatan pembekalan kader JKN-KIS di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan yang secara berkala di dalamnya memuat pembekalan dan evaluasi Kader JKN-KIS dilakukan di Ruang Rapat Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, belum lama ini.

Pada kegiatan tersebut ditegaskan kembali tentang apa dan bagaimana BPJS Kesehatan, termasuk tentang product knowledge, apa-apa saja yang menjadi tugas Kader JKN-KIS. Serta dilakukan evaluasi mengenai pencapaian dan kendala-kendala apa saja yang ditemukan di lapangan. Di samping itu, para kader diperkuat pula dengan pengetahuan mengenai program JKN sehingga dapat memberikan penjelasan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi YUdha Indapraja mengungkapkan, para kader berasal dari masyarakat yang direkrut berdasarkan rekomendasi kelurahan setempat, sehingga mereka merupakan bagian masyarakat yang mendukung program JKN-KIS di kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat demi tercapainya peningkatan kolektibilitas iuran.”Kader yang dibentuk BPJS Kesehatan Cabang Cimahi sejak awal April 2017 sebagai pelaksana program JKN-KIS yang dapat menjadi penghubung antara warga di tiap-tiap kelurahan dengan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan, terangnya, Kamis (31/8).

Dia menyebutkan , para kader JKN-KIS itulah yang akan memberikan informasi seputar program JKN-KIS kepada peserta dan mengingatkan kewajiban membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Para Kader JKN-KIS juga menjadi orang yang mengumpulkan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.Serta mengingatkan bagi mereka yang memiliki tunggakan agar segera dibayarkan dengan dibekali bukti transaksi bagi peserta yang membayar iuran JKN-KIS.

“Mereka kan berkeliling di masing-masing kelurahan sesuai wilayahnya bahkan ada yang dua kelurahan, merekalah ujung tombak dan mitra kami,” ungkap Yudha. (dn)