Senin, 15 Januari 2024 16:24

Belanja Masalah dari Petani Lampung Anies Ungkap Contrack Farming

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Calon Presiden Nomor urut 1 Anies Baswedan menemui para Petani di Lampung Timur
Calon Presiden Nomor urut 1 Anies Baswedan menemui para Petani di Lampung Timur [Instagram@Anies Baswedan]

Limawaktu.id, Lampung- Kembali belanja masalah dari para petani, banyak informasi faktual yang terjadi di lapangan. Solusi dari mereka selanjutnya akan menjadi pertimbangan dalam membuat kebijakan. Sehingga daerah yang hasil panennya khas, seperti dari Lampung Timur ini, tidak perlu lagi membingungkan persoalan kelangkaan pupuk apalagi penjualan hasil panen.

Hal itu disampaikan Anies di akun instagramnya, Senin (15/1/2024).

Saat bertemu dengan para petani,  Anies Baswedan menyebut "Contract Farming" atau pertanian kontrak adalah solusi mumpuni untuk menangkal mafia pangan.

Anies mengatakan sistem itu bisa menguntungkan para petani. Contract farming ini sudahdijalankannya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. 

Dia memaparkan, Jakarta membutuhkan pasokan beras. Dengan contract farming, dirinya membuat kerja sama kepada kelompok petani di berbagai daerah. Hasilnya, petani mendapatkan harga bagus dan Jakarta memiliki kepastian pasokan beras.

 Anies mengatakan, dengan sistem contract farming rantai distribusi bisa diputus dan menangkal bermainnya mafia pangan. "Selama ini harga beras terus naik tapi petani tidak mendapatkan keuntungan, siapa yang untung? Mafia (pangan). Tapi dengan contract farming, petani bisa mendapat keuntungan lebih," katanya.

Baca Lainnya