Rabu, 3 November 2021 17:37

Bapeda Kota Cimahi Akan Tindaklanjuti Kerjasama dengan Pemkab Bandung

Reporter : Bubun Munawar
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan Bupati Bandung Dadang Supriatna memperlihatkan nota kerjasama antara dua pemerintahan,, belum lama ini
Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan Bupati Bandung Dadang Supriatna memperlihatkan nota kerjasama antara dua pemerintahan,, belum lama ini [Humas ]

Limawaktu.id,- Pasca dilakukannya penandatanganan kerjasama antara Pemkot Cimahi dan Pemkab Bandung terkait dengan program bidang lingkungan dan pelayanan publik, Pemkot Cimahi akan melakukan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah ditandatangani Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana dan Bupati Bandung Dadang Supriatna, belum lama ini.

"Tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama tersebut akan dilakukan oleh Bagian Pemerintahan selanjutnya akan dilakukan pembahasan antara Bapeda Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung. terkait subsatnasinya.

"Nantinya akan dibuatkan Perjanjian Kerjasama Lanjutan, " terang Kepala Bapeda Kota Cimahi Huzein Rachmadi, kepada Limawaktu.id, Rabu (3/11/2021).

Salah satu poin penting dari kerjasama yang dibangun antara Kota Cimahi dan Kabupaten Badnung adalah terkait dengan penanganan banjir Melong yang sudah lama terjadi di Kota Cimahi.

Dikatakannya, selain ada kerjasama dengan pemerintahan sekitar, juga akan ada kolaborasi juga dengan pihak provinsi.

"Sebetulnya sudah berkolaborasi dengan provinsi , bahkan Pemprov Jabar sudah menganggarkan dana untuk pembebasan Lahan di Kelurahan Melong Kota Cimahi dan Marhaasih Kabupaten Bandung.

Pemprov Jabar sudah menganggarkan Rp90 Milliar untuk pembebasan lahan dengan rincian, di Melong Rp20 Milliar dan di Margaasih Rp70 Milliar, namun karena sirtuasi pandemi Covid 19, anggaran tersebut dilakukabn refocusing oleh provinsi.

"Sebenarnya provinsi sudah care dengan mengalokasikan dana Rp20 Milliar untuk Cimahi dan Rp70 M untuk Kabupaten Bandung, tetapi karena situasi Covid-19, Pemprov Jabar melakukan refocusing anggaran dan mendahulukan orang yang hidup dulu," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kabupaten Bandung sepakat melakukan kerjasama antar dua daerah terutama dibidang lingkungan dan pelayanan publik. Hal itu ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama antar dua kepala daerah di Aula Pemkot Cimahi pada Senin (25/10/2021).

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, insistif kerjasama ini dilakukan agar terjadi komunikasi dan koordinasi yang baik dalam melaksanakan program pembangunan di dua daerah. Tak hanya itu, kerjasama juga dilakukan karena Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung merupakan daerah yang saling berbatasan.
"Untuk melaksanakan program pembangunan di perbatasan tentu harus ada kerjasama yang baik antara dua wilayah tak bisa berjalan sendiri-sendiri, makanya kita lakukan kerjasama ini," katanya.

Ngatiyana menyebutkan, salah satu prioritas dalam kerjasama ini adalah penanganan banjir di perbatasan Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung yang selama ini masih terjadi. Dengan adanya kerjasama ini akan memudahkan Pemkot Cimahi maupun Pemkab Bandung dalam penanganan permasalahan di perbatasan. Hal yang sama juga sudah dilakukan dengan Pemkot Bandung.

"Kota Cimahi punya permasalahan seperti banjir Melong. Untuk mengatasinya harus ada kerjasama dengan Kabupaten Bandung karena ada wilayah yang jadi pembebasan lahan dan aliran sungai ada di Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung," sebutnya.

Baca Lainnya