Senin, 19 April 2021 19:41

Aplikasi SINAR Rilis, Bikin dan Perpanjang SIM Makin Mudah

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Tangkapan layar laman download aplikasi Digital Korlantas POLRI yang di dalamnya terdapat fasilitas pembuatan dan perpanjangan SIM online.
Tangkapan layar laman download aplikasi Digital Korlantas POLRI yang di dalamnya terdapat fasilitas pembuatan dan perpanjangan SIM online. [Limawaktu.id]

 

Limawaktu.id – Pengemudi kendaraan bermotor kini diberikan kemudahan untuk memperpanjang kembali Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya akan berakhir dalam waktu dekat. Pasalnya, Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) resmi meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) bulan April ini. Aplikasi tersebut kini tersedia di Play Store dengan nama "Digital Korlantas POLRI".

Dikutip dari situs web Korlantas Polri, dengan aplikasi sinar ini pemohon tidak perlu lagi datang ke Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) untuk mengurus perpanjangan SIM. Pemohon cukup mendownload terlebih dahulu Sinar melalui Play Store dan App Store dan mengakses aplikasinya kapanpun dan di manapun. Bagi pemohon SIM baru, ujian teori dapat dilaksanakan daring dengan aplikasi ini, namun tetap harus datang ke Satpas untuk ujian praktik.

“Pemohon memverifikasi nomor ponsel lalu akan muncul fitur registrasi untuk mencantumkan NIK yang tertera di KTP atau nomor SIM sebelumnya,” kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusuf, seperti dikutip dari situs web Korlantas Polri.

Melansir dari Detik.com, pemohon juga harus mengupload foto KTP, SIM dan foto selfie dengan menunjukkan kartu identitas tersebut.

Selanjutnya pemohon akan diarahkan memilih jenis SIM yang akan diperpanjang dan lokasi Satpas. Pemohon juga perlu memverifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi. Berikutnya, pengguna mengisi rekening pengembalian yang akan digunakan jika pemohon membatalkan perpanjangan SIM.

Setelah itu, pemohon diminta untuk memilih metode pengiriman, mengupload pas foto dan tanda tangan. Barulah kemudian pemohon membayar PNBP bersama dengan biaya kirimnya. Jika data sudah sesuai, pemohon dapat langsung menekan tombol Cetak SIM. SIM baru pun akan segera diperoleh dengan masa berlaku yang kini tidak lagi berdasarkan tanggal lahir, melainkan berdasarkan tanggal penerbitannya. Masa berlaku tetap 5 tahun.

Adapun untuk pengajuan SIM baru, pemohon awalnya akan diarahkan untuk melakukan registrasi dengan NIK dan pengenalan wajah. Selanjutnya memilih jenis SIM dan membayar PNBP. Setelah itu, pemohon dapat mengikuti ujian teori online. Jika lulus, pemohon akan mendapatkan Quick Response (QR) code khusus. Terakhir, memilih Satpas dan jadwal ujian praktik.

Mengenai biaya perpanjangan SIM, tarif yang ditetapkan berbeda antara SIM A dan SIM C. biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp 80 ribu, sedangkan SIM C sebesar Rp 75 ribu. Adapun untuk pemohon SIM baru perlu merogok kocek sebesar Rp 120 ribu untuk SIM A dan Rp 100 ribu untuk SIM C, dan itu belum termasuk biaya tes kesehatan sebesar Rp 25 ribu dan biaya asuransi Rp 30 ribu.

Baca Lainnya

Topik Populer