Kamis, 14 November 2019 15:30

5 Mahasiswa Unjani dan Berpeluang Kerja di Perhutanan

Reporter : Fery Bangkit 
lima mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi mendapatkan beasiswa pendidikan dari Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah
lima mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi mendapatkan beasiswa pendidikan dari Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Sedikitnya lima mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) Cimahi mendapatkan beasiswa pendidikan dari Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah. Bukan hanya beasiswa, mereka juga berpeluang kerja di perusahaan tersebut.

Perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Perkebunan kelapa sawit tersebut menjamin biaya kuliah secara penuh, tunjangan biaya hidup, tunjangan buku, tunjangan pembuatan laporan akhir, serta tunjangan biaya wisuda bagi mahasiswa S-1 yang terpilih program ini.

"Di sini (Unjani) memang tidak ada jurusan pertanian, tapi kami juga membutuhkan tenaga-tenaga pendukung seperti lulusan teknik, akuntansi, kimia, bahkan juga tenaga medis. Makanya ini menjadi langkah awal dan pertama kalinya kami memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unjani," kata Direktur PT Indotruba Tengah, Safwani saat penyerahan beasiswa yang disaksikan Rektor Unjani, Witjaksono, dan Ketua Pengurus YKEP, Adi Mulyono di Gedung Fakultas Psikologi, Kampus Unjani Cimahi, Kamis (15/11/2019).

Menurutnya, beasiswa ini merupakan komitmen Minamas Plantation dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademis dan ketertarikan pada sektor perkebunan. Minamas Plantation dan anak usahanya sudah 10 tahun memberikan bantuan beasiswa mahasiswa seperti di IPB, UGM, Unpad, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Lambung Mangkurat, dll. Total sudah ada 289 mahasiswa dengan beasiswa yang sudah dikeluarkan mencapai Rp10 miliar.

Kriteria mahasiswa yang dipilih dan dapat menerima beasiswa, lanjut dia, adalah mereka yang memiliki kesulitan finansial tapi punya nilai akademis yang baik. Serta mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK di atas rata-rata. Program ini diharapkan mampu menjadi media bagi mahasiswa untuk dapat maju dan memperoleh masa depan yang lebih baik. Karena ketika lulus mereka akan menjalani job traning sembilan bulan dan mendapatkan prioritas untuk join di perusahaan.

"Tentunya kami mencari mahasiswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang perkebunan dan ingin mengembangkan karir di industri perkebunan. Saat ini dengan total 69 perkebunan dan 23 pabrik yang berlokasi di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, Minamas Plantation memiliki total tenaga kerja hampir 40.000 di Indonesia," ucapnya.

Head Corporate Communication, Minamas Plantation, Ingrid Clarissa Wisnu menambahkan, proses seleksi mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini berjalan cukup panjang. Bahkan tesnya juga melibatkan tim divisi internal perusahaan supaya mendapatkan karakter mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan di perusahaan. "Mengingat nantinya ketika lulus dan bergabung dengan perusahaan mereka harus siap ditempatkan di perkebunan yang menjadi bagian dari grup perusahaan. Seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua Nugini, hingga Liberia," sebutnya.

Sementara Rektor Unjani Witjaksono mengaku berterima kasih dengan adanya MoU dan kepercayaan dari Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Indotruba Tengah. Bantuan beasiswa ini adalah yang pertama dari perusahaan tersebut ke Unjani dan semoga terus berlanjut. Momentum ini menjadi tantangan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa agar sesuai dengan standar kebutuhan dunia kerja. Apalagi Unjani memiliki 8 fakultas dengan 23 prodi termasuk Fakultas Kedokteran yang tahun kemarin lulus 97% terbaik nasional.

"Kami ucapkan terima kasih dengan kepercayaan ini, sehingga menjadi tantangan untuk terus mengembangkan pendidikan soft skill, komunikasi, organisasi, fisik, dan kecintaan terhadap lingkungan, sesuai dengan lingkungan kerja," pungkasnya.

Mahasiswa Yang Mendapat Beasiswa :

- Andela Suhemi Hermawati (Akuntansi 2016)
- Anisa Nurjanah (Teknik Kimia 2017)
- Ihsan Maulana (Teknik Mesin 2016)
- Andre Rizky Mandala Pamungkas Suherman (Akuntansi 2016)
- Elmia Cahya Pratinengsih (Teknik Sipil 2016)

Baca Lainnya