Minggu, 15 Oktober 2017 15:14

Wow … Akan ada Kampung Ikan di Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Muhammad Yani melihat stan kontes ikan hias tingkat nasional 'Cimahi Betta Fishtival' di Selasar Gedung B,Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Muhammad Yani melihat stan kontes ikan hias tingkat nasional 'Cimahi Betta Fishtival' di Selasar Gedung B,Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [Foto: Fey]

Limawaktu.id, - Pemerintah Kota Cimahi menilai, potensi ekspor budidaya ikan hias di Kota Cimahi cukup menjanjikan, terutama ikan hias jenis cupang.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kota Cimahi, Muhammad Yani usai membuka acara kontes ikan hias tingkat nasional 'Cimahi Betta Fistival' di Selasar Gedung B Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah, Minggu (15/10/2017).

Untuk mendukung budidaya ikan hias di Kota Cimahi, katanya, Pemerintah Kota Cimahi dengan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandung dan Komunitas Betta Cimahi akan membuat kampung ikan di sekitar Cihanjuang, Cimahi.

"Jadi kita ingin mengangkat ini menjadi satu kekayaan di Kota Cimahi yang mempunyai multi pelayanan efek dibidang ekonomi. Harapan kita bekerja sama dengan BKIPM bukan hanya ikan cupang, tapi banyak potensi ikan yang sedang dikembangkan," kata Yani.

Menurutnya, pembuatan kampung ikan untuk budidaya ika hias tidak memerlukan luas tanah yang banyak. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak akan terlalu besar.
Justru yang terpenting, kata dia, seluruh instansi yang terlibat dalam budidaya ikan hias di Kota Cimahi harus bersinergi untuk mewujudkan perekonomian masyarakat yang lebih baik.

"Masyarakat atau komunitas perlu mendapat sentuhan, ditambah pengatahuan membudidaya ikan yang sehat dan benar. Harapan kita, ini menjadi sumber pendapatan daerah khusunya pendapatan masyarakat di Kota Cimahi," ujar Yani.
Pelaksana Tugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Huzein Rachmadi menambahkan, proses pembuatan kampung ikan saat ini tengah berjalan. Hingga kini, progresnya baru mencapai pembentukan komunitas yang dinamakan Betta Cimahi.

"Pemerintah kota gak sendiri, harus ada kolaborasi. Kita sudah sampai membentuk komunitas tadi. Mudah-mudahan bisa terus berkembang," katanya.
Rendi Sulistriono, salah seorang peternak ikan cupang mengatakan, potensi pasar ikan cupang selama ini cukup menjanjikan. Tak hanya pasar dalam negeri, pasar luar negeri pun kini sudah melirik ikan cupang dari Indonesia.

"Sebulan dua kali mah pasti ngirim ke luar negeri. Kadang cuma 2 (dua) ekor ikan, kadang juga 200 ekor ikan cupang," terangnya. (kit)*