Sabtu, 6 April 2019 13:06

Unik! Ada Wisata Botol Plastik di Curug Layung Camp

Reporter : Fery Bangkit 
 Tumpukan cantik botol plastik membentuk nama 'Wisata Alam Curug Layung Camp'.
Tumpukan cantik botol plastik membentuk nama 'Wisata Alam Curug Layung Camp'. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Mencari tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bukanlah perkara sulit. Khususnya di wilayah utara seperti Cisarua, Parongpong dan Lembang.

Namun, tidak semua tempat wisata menyajikan konsep yang unik dan menarik. Seperti yang disajikan di Wisata Curug Layung Camp di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, KBB.

Berbeda dari tempat wisata serupa lainnya, wisata alam yang terletak pada ketinggian 1.400 meter dari permukaan laut dan tepat berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu itu memiliki tampilan unik dengan berbagai ornamen yang terbuat dari berbagai macam botol plastik.

Ada berbagai ornamen yang dibuat dari berbagai botol plastik. Pertama, pada bagian depan terlihat tumpukan cantik botol plastik membentuk nama 'Wisata Alam Curug Layung Camp'.

Tumpukan cantik botol plastik membentuk Gapura camping ground blok Kayu Putih.

Kemudian, pada bagian gapura berbagai spot wisata pun terbuat dari berbagai macam botol plastik yang didesain secantik mungkin. Contohnya, pada bagian gapura camping ground blok Kayu Putih dan spot Sangkuriang. 

Ada juga berbagai area swafoto alias selfie yang juga dibuat dari botol plastik. Di antaranya yang membentuk tanda 'Love' dan tulisan Aku dan Kamu.

Yopi Nugraha, petugas wisata Perum Perhutani Unit KPH Bandung Utara menuturkan, berbagai ornamen dari botol plastik itu digarap sejak Agustus 2018. Ide awalnya berasal dari pihaknya dan kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kertawangi  

"Itu mulai dibuat 6 bulan lalu. Idenya dari LMDH. Ada 5 ornamen dari botol plastik," kata Yopi saat ditemui, Sabtu (6/4/2019).

Dikatakannya, prilaku buang sampah sembarangan para wisatawan menjadi titik awal dimulainya pembuatan kerajinan berbagai ornamen dari botol plastik itu. Mereka berpikir, bahwa sampah-sampah itu bisa dijadikan barang berharga daripada dibuang begitu saja.

"Awalnya memang banyak pengunjung yang buang sampah sembarangan, terutama yang camping. Terus dikumpulkan, dan jadilah berbagai ornamen itu," jelasnya.

Tercatat, untuk membuat sekitar lima ornamen, ada sekitar 30 ribu botol plastik yang digunakan. Meski paling lama hanya kuat satu tahun, tapi setidaknya ornamen itu bisa menjadi daya tarik Wisata Alam Curug Layung Camp.

"Selain tentunya memanfaatkan sampah. Kalau udah gak terpakai juga bisa jadi rupiah," ucap Yopi.

Tumpukan cantik botol plastik membentuk nama SANGKURIANG.

Luas area wisata Curug Layung mencapai 10 hektare. Mayoritas lahan dipenuhi puluhan ribu pohon pinus, yang menjadi salah satu daya tarik wisata itu. Area wisata itu juga terdapat curug kecil yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Bisa hanya sekedar selfie maupun berenang.

Akses menuju wisata Curug Layung Camp cukup mudah. Untuk arah dari Kota Cimahi, hanya tinggal memasuki Jalan Kolonel Masturi dan masuk ke arah Jalan Komando.

Sedangkan dari arah Kota Bandung, bisa diakses dari arah Setiabudi menuju arah Jalan Sersan Bajuri dan masuk menuju Jalan Kolonel Masturi.

Baca Lainnya