Senin, 30 Juli 2018 22:35

Totalitas Mukhsin ‘Rogo Jin’ Fauzi Berkesenian

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, - Jika ada kemauan disitu pasti ada jalan. Pepatah tersebut sangat pas bagi seorang seniman asal Tegal Jawa Tengah ini. Betapa tidak, meskipun mengandalkan hidup dengan berkesenian, pemilik nama Mukhsin ‘Rogo Jin’ Fauzi ini merasa cukup mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

“Alhamdulillah setiap hari ada saja rezekinya biasanya saya dapat hasil antara Rp 100 ribu sampai Rp. 200 ribu. Tapi kalau lagi sepi ya paling Cuma Rp. 50 ribu,” terang Mukhsin Fauzi, disela kegiatan Kirab Budaya Kasultanan Cirebon, akhir pekan kemarin.

Menurut Fauzi, sudah bertahun-tahun dirinya merantau di Cirebon, atau terpaksa harus berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya. Sejumlah tempat di Banten, Jawa Barat hingga Jawa Timur dia singgahi untuk beraktivitas seni yang menjadi pilihan hidupnya.

“Jika ada even di sebuah tempat saya ikut serta didalamnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup ya saya beresenian atau ngamen di jalanan,” katanya.

Dengan penampilan tubuh telanjang dada diwarnai pigmen sablon Fauzi mencoba memberikan inspirasi jika dalam hidup ini ada hitam dan putih.

“Penampilan saya dengan tubuh serba hitam ini sebagai simbol jika dalam kehidupan manusia ada yang hitam ataupun putih,” ujarnya.

Pria yang megaku pernah kuliah di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini tak sungkan untuk pindah dari satu lampu stopan ke lampu stopan lainnya di sebuah kota sekedar mengais rezeki untuk menyambung hidupnya. Bahkan dia pun sudah terbiasa jika harus tidur di jalanan.

“Saya sudah lama merantau, jika tidak ada tempat singgah untuk bermalam ya saya tidur di jalan,” paparnya.

Totalitasnya berkesenian ini membuat Fauzi tak takut sakit meskipun harus telanjang dada saat melakukan aktivitas seninya. Untuk menjaga stamina tubuhnya, dia saban hari makan satu siung bawah putih.

“Kalau urusan sakit saya yakin sama Tuhan, tapi untuk menjaga stamina tubuh setiap hari saya makan satu siung bawang putih,” pungkasnya.

Baca Lainnya