Sabtu, 21 April 2018 19:40

Tengok nih Sensasi Curug Panas di Parongpong, Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id - Hmmm... Jaman sekarang apa sih yang gak bisa? Semuanya serba mudah dan serba dekat! Termasuk untuk mendapatkan sensasi dari air Panas tanpa harus jauh-jauh pergi ke Cipanas-Cianjur.

Cukup dengan pergi ke Parongpong saja, Anda sudah bisa memanjakan diri berendam di kolam air panas. Memang tempatnya tak semewah destinasi lainnya. Tapi, suguhan panorama alam di sekitar pemandian air panas itu akan memanjakan berendam Anda.

Ya, namanya Curug Cipanas. Letaknya berada di perbatasan antara Kp. Nagrak, Kecamatan Lembang-Kp. Kancah, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Dedi Priadi, salah seorang perintis Curug Cipanas menuturkan, sebetulnya aliran air panas sudah ada sejak dulu. Atas inisiatifnya bersama warga lainnya, akhirnya tempat itu dibuka untuk dijadikan tempat wisata.

"Mulai dibukanya itu pas lebaran 2017. Jadi belum satu tahun," tuturnya saat ditemui di kawasan wisata Curug Cipanas, Sabtu (21/4/2018).

Awalnya, kata Dedi, ia dan teman-temannya tidak berpikir untuk menjadikan aliran air itu jadi tempat wisata. Namun, ketika ditelisik lebih, ternyata potensinya cukup bagus untuk dikomersilkan.

"Potensinya lumayan bagus, soalnya airnya beda dari yang lain," ujarnya.

Air panas yang mengalir ke Curug Cipanas sendiri berasal dari Gunung Tangkuban Parahu. Hal itu dapat dibuktikan dari penelitian yang dilakukan berbagai perguruan tinggi, seperti ITB dan Unpad.

"Yang paling menarik, curugnyaa sama blerang," ucapnya.

Baca Lainnya