Sabtu, 9 Maret 2019 15:36

Sepi Peminat, Bus Wisata Sakoci Hanya Keliling Satu Rit

Reporter : Fery Bangkit 
Bus Wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) Resmi Beroperasi Pada Sabtu (9/3/2019).
Bus Wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) Resmi Beroperasi Pada Sabtu (9/3/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Keberadaan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) belum menarik minat masyarakat di hari pertama beroperasi, Sabtu (9/3/2019).

Sebab, dari empat jadwal keberangkatan yang telah ditetapkan Organisasi Angkatan Darat (Organda) Kota Cimahi, yakni pukul 08.00, 10.00, 13.00 dan 15.00 WIB, Sakoci hanya menuntaskan satu jadwal saja. Yaitu pukul 08.00 WIB. Itupun rombongan.

Baca Juga : Sakoci Mulai Mengaspal, Cek Rute Jadwal Hingga Harga Tiketnya!

Berdasarkan pantauan, setelah mengantarkan rombongan salah satu Taman Kanak-kanak (TK) di Kota Cimahi, bus Wisata itu langsung terparkir di Alun-alun Kota Cimahi.

Namun hingga pukul 10.00 WIB atau rit kedua, Sakoci masih terpakir di tempat semula. Belum ada warga yang ingin menggunakan jasa Sakoci untuk berwisata mengeliling sejumlah tempat bersejarah di Kota Cimahi.

Sekitar pukul 11.00 WIB, pihak pengelola yakni Organda Kota Cimahi memutuskan untuk menghentikan operasi Sakoci dihari pertama ini. Bus itu dikembalikan ge garasi.

"Hari ini stop dulu, besok dilanjut lagi. Sepi, maklum kan baru hari pertama," ujar Wakil Ketua Organda Kota Cimahi, Olan Siswanto saat ditemui di Alun-alun Kota Cimahi, Sabtu (9/3/2019).

Dikatakannya, pagi tadi Sakoci baru mengantarkan rombongan dari salah satu TK di Kota Cimahi. Rutenya, sesuai yang direncanakan sebelumnya yakni melewati bekas bioskop bersejarah yakni 'Rio' yang kini beralifungsi menjadi area waralaba. Selain itu, bus wisata akan melewati bekas pos penjagaan zaman penjajahan dulu yang sekarang dijadikan Toko Buku Nasution.

Kemudian, Sakoci akan melaju melewati Jalan Amir Mahmud (Tagog) yang dulu sebagai pemberhentian kuda. Selanjutnya, akan melewati Jalan Gatot Subroto seperti markas Kodim 0609-Markas Baralyon Armed 4-GS, Pusdik Gumil, Tih dan Pengmilum, Pusdikhub, Pusdik Bekang, Gedung Balai Prajurit Soedirman.

Rute selanjutnya adalah Jalan Poncol-Gg Penjara Militer Poncol, eks Gudang Senjata Pusdikpal, Jalan Baros-Taman Kartini, Gereja Tua Santo Ignatius, serta Pussen Armed. Sakoci juga akan masuk ke Jalan Haji Haris-Masji Al-Bakhirah (masji perahu).

Kemudian, masuk Jalan HMS Mintaredja-Pusdikpom-Gedung Baros Information Technologi Creatif (BITC), Pusdik Armed, Gedung Technopark, Jalan Kerkof-Taman Kehormatan Pemakaman Ereveld Kerkhof dan Kampung Adat Cireundeu dan kembali lagi ke Alun-alun Kota Cimahi.
"Tadi kalau jumlahnya ada 39. Banyak anak-anak digendong orang tuanya," kata Olan.

Untuk mempromosikan keberadaan Sakoci, pihaknya berencana menyebarkan brosur dan informasi lewat Media Sosial (Medsos). "Kalau prediksi saya, seminggu lagi juga rame," tandasnya.

Eti Kurniawati (40), salah satu penumpang Sakoci menuturkan, TK tempat anaknya sekolah itu sudah lama memesan Sakoci untuk perjalanan wisata anak-anak. Bahkan, sebelum bus wisata itu diluncurkan.

"Dari awal sebelum launching udah booking. Tadinya mau Rabu kemarin, tapi katanya belum ada surat-suratnya. Sekarang udah ada," ujarnya

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer