Kamis, 10 Juni 2021 14:29

Mengenal Tiwal, Grup Jaipong Berprestasi Pengharum Nama Cimahi

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Limawaktu.id – Klinik Tari Gondo Art Production (GAP) di Kota Cimahi menelurkan banyak prestasi top tingkat nasional lewat gerakan Tari Jaipong para muridnya, yang terbagi menjadi beberapa grup tari yang ditempa oleh tangan dingin tim pelatih GAP.

Salah satu kelompok Tari Jaipong itu adalah Tiwal, yang merupakan kependekan dari “Titik Awal”. Beranggotakan Hylmi Alifah Azmi, Nasywa Syifa Al Marjaan, Aurellia Zivana Maheswari, Livana Fansiska, Siti Auliya Zalika Zhenni, dan Sabilla Zahra Salamaturrachmani, prestasi teranyar yang dicapai Tiwal untuk GAP adalah meraih Juara 1 dalam Festival Tari Jaipong Kreasi Galuh Pakuan Cup Seri IV Tingkat Nasional yang diprakarsai Kemkominfo Republik Indonesia.

“Waktu itu kita deg-degan banget pas ikut lombanya,” kata Aurellia, diwawancara bersama ketiga personil Tiwal lain yang hadir di sanggar Klinik Tari GAP, Jalan Haji Bakar, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Kamis (10/6/2021).

Sabilla menambahkan, meskipun merasa tegang, mereka yakin dapat menyabet juara pertama dalam perlombaan itu karena mereka sudah berlatih, bekerjasama dan berjuang sejak dini.

“Kita persiapannya dari dua bulan sebelumnya,” kata Siti yang sudah berlatih di GAP sejak 8 tahun belakangan ini.

Tiwal mengakui, untuk mendapatkan gelar juara ini jalannya tidak mudah. Menurut mereka, saingan terberatnya saat itu berasal dari Provinsi Bali yang juga ikonik dengan tarian tradisionalnya. Ke depannya mereka berharap dapat meraih lebih banyak prestasi dan bisa go internasional.

Baca Lainnya

Topik Populer