Jumat, 5 Januari 2018 20:47

Mengembalikan Cimahi sebagai Kota Musik di Indonesia

Ditulis Oleh Bubun Munawar
 Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan berfoto bersama musisi Cimahi
Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan berfoto bersama musisi Cimahi [limawaktu]

Limawaktu.id,- Tak bisa dipungkiri, sebagai sebuah kota yang hanya terdiri dari 3 kecamatan, Kota Cimahi sudah memberikan kontribusinya dalam perkembangan industri musik di tanah air. Bahkan, sederet nama penyanyi dan musisi asal Cimahi sudah dikenal di seantero Nusantara.

Untung Widjanarko, yang lebih dikenal dengan Untung Suckerhead mengungkapkan, para musisi dan penyanyi Cimahi ini selain melahirkan karyanya juga tidak melupakan kampung halamannya, Cimahi. Disetiap even para musisi atau penyanyi saat tampil didaerah lain, selalu memperkenalkan diri sebagai musisi atau penyanyi asal Cimahi.

Berangkat dari fenomena yang ada dan perlunya sebuah wadah sebagai tempat silaturahmi dan komunikasi sesama musisi dan penyanyi di Cimahi, musisi dan penyanyi asal Cimahi berinsisiatif untuk mendirikan sebuah wadah sebagai tempat silaturahmi dan komunikasi.

“Kami telah bertemu dengan Ketua DPRD Kota Cimahi pak Achmad Gunawan terkait dengan pembentukan wadah para musisi, sambutan beliau sangat baik dan mendukung terbentuknya wadah para musisi tersebut, yang akan ditindaklanjuti dengan audensi para musisi dan penyanyi dalam waktu dekat ini,” terangnya, usai bertemu dengan Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan, Jum’at (5/1).

Dikatakan Untung, Ketua DPRD Kota Cimahi berjanji akan ikut mendukung pembentukan wadah para musisi ini, bahkan dalam waktu tidak lama, meminta supaya para musisi dan penyanyi Cimahi bisa beraudensi secara lengkap. “Kami berterimakasih dengan respon positif dari ketua dewan ini, visinya, kami ingin mengembalikan kembali Cimahi sebagai kota musik di Indonesia, ” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan menyatakan mendukung dan akan membantu inisitif para musisi untuk membentuk wadah tersebut.

“Seluruh komponen masyarakat Kota Cimahi harus berperan aktif untuk memberikan kontribusinya untuk Kota Cimahi. Dukungan masyarakat dibutuhkan pemerintahan Kota Cimahi dalam pembangunan diberbagai bidang. Keberadaan para musisi menjadi cukup penting dalam pengembangan sumber daya manusia, “ katanya.

Agun, sapaan akrabnya berpendapat, inisiatif para musisi ini sejalan dengan pemerintahan yang dipimpin Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna untuk mewujudkan Cimahi sebagai Kota yang maju, agamis dan berbudaya.

“Tak seperti di daerah lainnya, Cimahi tak memiliki kesenian yang khas, makanya dengan potensi para musisi akan memberikan warna dalam mewujudkan Cimahi sebagai kota budaya dan agamis,” pungkasnya. (bun)