Sabtu, 23 Maret 2019 17:39

Menengok Hardena, Tempat Makan Favorit ala Surabaya  di Philadhelpia Amerika 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Berbisnis kuliner dengan sajian makanan khas Indonesia ternyata cukup menggiurkan. Buktinya, banyak warga  Amerika yang menyukai masakan khas Indonesia. Jika melihat situasi di restoran Hardena Waroeng Surabaya, sebuah tempat makan yang berada di Philadelphia Amerika Serikat, sekilas seperti warung-warung yang berada di Indonesia.

Dengan menu seperti balado terong, rendang, opor telor dan bakwan tempat makan ini banyak dipenuhi warga Amerika yang menyantap nasi dengan aneka lauk pauknya.

Baca Juga : Menikmari Sensasi J.Co Stand Alone Sawunggaling Bandung 

Dirintis sejak 2001 oleh warga asal Surabaya Ema Widjoyo dan suaminya warung yang menyajikan masakan  khas Indonesia ini menjadi pilihan warga Philadhelpia Amerika Serikat. Dibantu oleh kedua anaknya Stephani dan Diana Widjoyo sejak mereka kecil, waroeng Surabaya ini menjadi magnet warga Amerika yang ingin mencicipi makanan khas Indonesia. 

"Kami belajar masakan Indonesia dari keluarga, sejak 2016, kami berdua mengambil alih pengelolaan restoran ini," ungkap Diana Widjoyo, kepada VOA. 

Keduanya mempertahankan cita rasa asli masakan dan makin memperkembangkan masakan Indonesia di Amerika. Sebelumnya, Diana pernah bekerja di restoran Belanda dan mengembangkan bisnis serta masakan resep keluarganya di Amerika.  

Dengan mempertahankan resep asli Indonesia, restoran ini menjadi favorit warga Amerika maupun warga Indonesia yang bermukim disana. Selain rendang, sate menjadi makanan favorit warga Amerika yang menjadi pelanggan Waroeng Surabaya ini. 

"Warung ini mengingatkan saya kepada kampung halaman di Surabaya," kata Ari Hendrawan, warga Amerika asal Indonesia. 
Terletak di kota Philadelphia bagian selatan, Hardena atau Waroeng menyajikan menu otentik Indonesia, setelah ini dikelola kedua anaknya dan diliput oleh sejumlah media dan selebriti chef, pelanggannya terus meningkat dan kini telah membuka troli makanan disebuah lokasi baru yang trendi di Philadelphia. (VOA)

Baca Lainnya