Senin, 20 Agustus 2018 12:25

Melestarikan Budaya Tradisi di Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 

Limawaktu.id - Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi pada 18 dan 19 Agutsus 2018 menggelar berbagai macam permainan adat budaya baheula (dahulu), bertempat di Kabuyutan Cipageran (Kabuci) Kota Cimahi.

Kepala Bidang Budaya dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Ero Kusnadi mengungkapkan, ada empat kegiatan yang digelar di event yang bertajuk Pelestarian dan Aktualisasi Budaya Kota Cimahi ini.

“Dengan kegiatan ini kita berharap agar buadaya tradisi tersebut bisa tetap hidup dan dikenal di kalangan masyarakat terutama anak anak pada saat sekarang, “ ungkapnya.

Dikatakan Ero ada beberapa tokoh budayawan  yang saat ini masih hidup dan eksis, helatan budaya tersebut dilakukan untuk menggali dan mendokumentasikan budaya tradisi yang ada di Kota Cimahi untuk disosialisasikan kepada masyarakat baik secara audio visual ataupun literasi.

“Nantinya kita akan dokumentasikan dalam bentuk CD atau buku sehingga kapan saja bisa disoisalisasikan kepada masyarakat khususnya di Kota Cimahi,” katanya.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna yang turut hadir dan membuka kegiatan tersebut menyatakan, seni budaya tradisi ini harus dipertahankan dan dikenalkan kepada generasi muda agar mereka mencintai budayanya.

“Sesuai dengan salah satu visi Cimahi Baru yang Maju Agamis dan Berbudaya, kegiatan ini merupakan bukti dukungan pemerintah kota dalam pelestarian nilai budaya tradisional. Generasi muda harus mengenal budaya tradisi ini,” pungkasnya. 

Baca Lainnya