Jumat, 19 Februari 2021 15:00

Konsep Wisata Satwa Masih Digemari Pengunjung di Masa Pandemi

Reporter : Wawan Gunawan
Seorang Pengunjung Memasuki Kawasan Lembang Park and Zoo, Jum'at (19/2/2021)
Seorang Pengunjung Memasuki Kawasan Lembang Park and Zoo, Jum'at (19/2/2021) [limawaktu.id]

Limawaktu.id,- Para wisatawan masih menggemari obyek wisata yang menawarkan konsep satwa meskipun masih suasana pandemic Covid-19, seperti di objek wisata Lembang Park and Zoo. Disaat kebanyakan tempat wisata mengalami Penurunan kunjungan, objek wisata yang terletak di Jalan Kolonel Masturi, Paropong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tersebut masih bisa bernafas lega setelah tingkat kunjungan pada libur panjang atau long weekend pekan lalu.

 "Pada long weekend jumlah pengunjung memang lebih banyak daripada biasanya semasa PSBB," terang Manajer Operasional Lembang Park and Zoo, Iwan Susanto, Jumat (19/2/2021).

 Menurutnya, biasanya, pengunjung hanya ratusan namun saat libur panjang pekan lalu mencapai 1.000 orang. Jumlah tersebut sedikit mengalami kenaikan dibandingkan saat penerapan berbagai penerapan dalam rangka menekan kasus Covid-19. Secara keseluruhan ia tak menampik tingkat kunjungan selama pandemi Covid-19 ini memang turun drastis dibandingkan sebelum virus korona tersebut mewabah

 "Kami tetap bersyukur meskipun pengunjung sekarang jauh di bawah rata-rata normal ketimbang sebelum masa pandemi," ujar Iwan.

 Dikatakannya, Pihaknya tetap membatasi jumlah kunjungan sebagai bentuk pencegahan Covid-19. Kuota maksimal pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas normal atau sekitar 5.000 pengunjung pada jam yang sama.

 Kawasan Lembang Park and Zoo menyuguhkan berbagai atraksi satwa yang disajikan untuk wisatawan . Seperti resto kucing, feeding burung di kubah, feeding iguana, atraksi berkuda dan menikmati beragam satwa yang ada di area kebun binatang yang ada di Lembang tersebut

 "Ada juga show satwa yang merupakan persembahan untuk pengunjung yang dilakukan setiap hari," katanya.

 Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Heri Partomo mengatakan, bisnis pariwisa sangat terpuruk sepanjang tahun 2020 dan menjadi tugas berat bagi pemerintah dan pengelola wisata untuk kembali mendongkrak kunjungan wisata ke Bandung Barat.

 Ia mengaku sudah berbincang dengan pengelola wisata juga menampung keluhan jika selama pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke Lembang hanya mencapai 20 persen.

 "Kebijakan pemerintah berlaku untuk semua. Kondisinya memang sangat berdampak ke pariwisata. Kunjungan jelas sekarang sangat menurun. Itu jadi tantangan sangat berat buat kita membalikkan kondisi ini," beber Heri.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer