Senin, 4 Desember 2017 13:11

Ini Dia Curhat Kegelisahan Seniman Jelekong Kabupaten Bandung  

Reporter : Yulie Kusnawati
Pengelola sanggar lukis Jelekong, Iman Budiman memberikan lukisan sosok Cak Imin berukuran berukuran 1,5 meter x 1 meter kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung H. Cucun Ahmad Syamsurijal.
Pengelola sanggar lukis Jelekong, Iman Budiman memberikan lukisan sosok Cak Imin berukuran berukuran 1,5 meter x 1 meter kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung H. Cucun Ahmad Syamsurijal. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Komunitas sanggar pelukis Jelekong dengan sengaja mengundang Sekretaris Fraksi PKB DPR RI H. Cucun Ahmad Syamsurijal, pada Sabtu (2/12/2017) akhir pekan kemarin , karena adanya kegelisahan seniman terhadap pemerintah yang seolah-olah tidak memperhatikan seniman. Hal tersebut dikatakan pengelola sanggar lukis Jelekong, Iman Budiman.

"Mau di bawa ke mana budaya kita. Tokoh yang bisa mempersatukan Islam Nusantara dan budaya lokal ini siapa. Budaya sangat kuat. Kita kehilangan pegangan seolah-olah ada pemisahan," kata Iman saat ditemui di Sanggar Pelukis Jelekong, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (4/12/2017).

Oleh karena itu, lanjut Iman, pihaknya mengundang salah seorang tokoh yang sekaligus menjabat sebagai ketua DPC PKB Kabupaten Bandung, yakni H. Cucun, pasalnya, menurut Iman, H. Cucun merupakan  tokoh Islam Nusantara Jawa Barat dan Muhaimin Iskandar yang kerap dengan sapaan Cak Imin sebagai tokoh Islam Nusantara. Sehingga pihaknya meluapkan hal tersebut pada Cucun.

"Kami dan para orang tua sudah lelah dengan janji, yang kami perlukan adalah pendampingan. Selain itu, Kami sebagai seniman muda apabila ada pameran lukisan di luar kota meminta diikutsertakan," ungkapnya.

Iman pun mengaku telah telah memberikan lukisan sosok Cak Imin kepada H. Cucun, yang berukuran berukuran 1,5 meter x 1 meter. Lukisan itu merupakan bentuk aspiratif dari para seniman yang menginginkan sosok pria yang akrab disapa Cak Imin itu menjadi pemimpin dalam ajang Pilpres 2019.

"Dalam dua lukisan itu, Cak Imin digambarkan sedang tersenyum dengan memakai iket dan baju berwarna hijau. Potret itu pun tampak menghadap ke kiri mengenakan kacamata yang menjadi ciri khas dari politisi yang dibesarkan oleh PKB itu," ungkapnya.

Menyikapi hal tersebut, H. Cucun mengatakan, Jelekong merupakan miniatur Indonesia, sehingga, dirinya dengan tangan terbuka akan mendampingi para Komunitas Senimah Jelekong untuk kedepannya. Selain itu, dirinya juga selalu selalu menyuarakan kepada sesama anggota legislatif di Senayan Jakarta supaya mengangkat potensi lokal atau daerah di antaranya potensi Kampung Seni Jelekong ini. "Potensi seni lukis di Kampung Seni Jelekong ini seperti mutiara yang terpendam, sehingga dalam promosi dan pemasarannya harus dibantu pemerintah," ungkapnya.

Menurutnya, pentingnya keterlibatan pemerintah dan hadirnya sebuah negara di Kampung Seni tersebut adalah untuk mengenalkan berbagai hasil karya para seniman itu kepada para turis asing. "Pemerintah untuk memberikan akses kepada turis Internasional masuk ke Jelekong. Supaya program pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, khususnya dalam mengangkat potensi daerah tidak hanya di atas kertas," katanya.

Dia juga berharap, kepada sejumlah pihak untuk memberikan akses transfortasi bagi turis asing yang berkunjung ke Bandung. Apalagi saat ini Bandara Husen Sastranegara Bandung sudah menjadi Bandara Internasional. "Supaya turis asing bisa melihat potensi yang ada di Jelekong. Disaat mereka datang ke Jelekong, bisa melukis sendiri," paparnya. (lie)