Senin, 25 Maret 2019 14:45

Dhira Bongs Membuat Kejutan di SXSW Festival Texas  

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Musisi Indie pop Indonesia asal Bandung, Dhira Bongs, membuat kejutan di panggung SXSW Festival 2019, Austin, Texas, minggu lalu. Tampil membawakan tujuh lagu karya ciptaannya sendiri, di panggung The Townsend downtown kota Austin, Dhira menjadi musisi Indonesia pertama di SXSW yang mampu berkolaborasi dengan musisi Amerika.

"Tidak menyangka saya diundang langsung oleh SXSW untuk tampil di Austin, setelah lolos seleksi," kata Dhira yang terpilih menjadi satu-satunya musisi Indonesia yang tampil di ajang festival kreatif terbesar di Amerika ini.

Ajang SXSW Festival 2019 digelar di gedung konser khusus berkapasitas sekitar dua ratus tamu. Di antara penonton hadir para tamu dari pengamat musik, produser hingga musisi dari Australia dan Jerman.

Sejumlah lagu bergenre indie pop, jazzy, easy listening yang dibawakan Dhira mendapatkan pujian. Apalagi lagu-lagu ini sebagian besar ditulis dalam lirik berbahasa Inggris, sehingga membuat dialog musik antara Dhira dengan publik menjadi lebih cair dan dekat.
Lauren salah seorang penonton asal Austin, Texas tampak bersemangat dan menyukai konser Dhira. 

"Saya sedang mencari tontonan musik, saya lihat (nama Dhira) pasti musiknya unik dan berbeda dengan musik-musik yang ada di sini (SXSW). Lalu kami datang kesini, ternyata luar biasa. Fantastik. Sangat asik, " pujinya. 

Sementara menurut Dan yang juga pemerhati musik lokal Austin, aransemen musik Dhira seakan dipengaruhi oleh genre musik dari Amerika.

"Saya suka, dia juga pemain gitar yang bagus, saya jadi teringat Prince, kelihatannya ada pengaruh musik Prince di sini," ujar Dan yang merasa yakin karya Dhira akan diterima di Amerika. "Ini pertama kali saya mendengarkan musik (Dhira) dan saya tidak tahu (Dhira) berasal dari mana. Tapi musiknya bagus sekali," tambah Dan yang baru mengetahui kalau Dhira berasal dari Indonesia.

Sejak awal lagu 'Make me Fall in Love' menghentak panggung, penonton langsung hanyut dalam birama musik bertempo sedang. Didukung oleh tiga musisi dari Austin, Matt Muehling (guitar), Nick Clark (bass) dan Jason Meekins (drum), menjadikan warna musik ekploratif pop karya Dhira berbaur dengan improvisasi nada-nada khas musik Texas Blues.

"Dhira itu keren, great producer, great song writer, great singer, penuh energi diatas panggung, I love her," ujar pemain bass Nick Clark yang pada saat latihan di studio, sempat kesulitan untuk membaca judul lagu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia terasa asing di telinga Nick.

Sementara bagi gitaris Matt, lagu-lagu Dhira mempunyai progresi akord yang terkadang tidak terduga. "Super grooven. Kalau semua musik bar seperti itu, saya harus lebih banyak mendengar musik-musik Indonesia," tukasnya.

"Saya paling senang berkolaborasi dengan musisi baru, apalagi musisi Amerika. Jadi ini seru banget. Kendalanya cuma bahasa. Bahasa musik mereka berbeda dengan bahasa musik kita. Tapi karena mereka sudah jago banget jadi langsung asik aja," kata Dhira yang hanya memerlukan latihan rehearsal di studio, satu kali sebelum pertunjukkan.

Dhira berharap bisa kembali lagi bergabung di Festival ini Dhira sendiri sangat senang bisa tampil berkolaborasi dengan musisi Amerika. Dhira sendiri sangat senang bisa tampil berkolaborasi dengan musisi Amerika.

"Saya paling senang berkolaborasi dengan musisi baru, apalagi musisi Amerika. Jadi ini seru banget. Kendalanya cuma bahasa. Bahasa musik mereka berbeda dengan bahasa musik kita. Tapi karena mereka sudah jago banget jadi langsung asik aja," kata Dhira yang hanya memerlukan latihan rehearsal di studio, satu kali sebelum pertunjukkan.

"Mudah-mudahan bisa ada kesempatan untuk balik kesini lagi ya," kata Dhira. (VOA)

Baca Lainnya