Kamis, 28 Maret 2019 17:03

Dewi Citos Bakal Diguyur Bantuan Rp 20 Miliar dari Pemprov Jabar

Reporter : Fery Bangkit 
Papan Nama Yang Bertuliskan 'Kampung Wisata Torobosan' Yang Sudah Terhapus.
Papan Nama Yang Bertuliskan 'Kampung Wisata Torobosan' Yang Sudah Terhapus. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bakal memberikan bantuan untuk pengembangan Desa Wisata Cimahi Torobosan (Dewi Citos) di Kota Cimahi. Nilainya pun sangat besar, mencapai Rp 20 miliar. 

Kepala Dinas Kebudayaan pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja mengungkapkan, pihaknya menjadi salah satu wilayah yang dtiunjuk Pemprov Jawa Barat untuk pengembangan wisata yang digagas Gubernur Ridwan Kamil.

Baca Juga : Wisata Domba Citos: Dua Tahun Berdiri, Dua Tahun Mati Suri

"Alhamdulillah Provinsi Jawa Barat ada program pariwisata. Kemarin sudah disurvey tahun ini dari provinsi, direncakan Rp 20 miliar," ungkapnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (28/3/2019).

Awalnya, kata Budi, ia mendapat informasi dari pihak Pemprov Jawa Barat Desember lalu bahwa Kota Cimahi bakal mendapat bantuan untuk pengembangan pariwisata.

Baca Juga : Wisata Citos Domba Gulung Tikar Dua Tahun Lalu, ini Harapan Lurah Setempat

Saat itu, pihaknya diminta untuk menentukan lokasi mana yang akan menjadi fokus pengembangan pariwisata. Salah satu syaratnya adalah lahan milik pemerintah. Akhirnya, diputuskanlah Dewi Citos yang berada di Kampung Wisata Torobosan di RT 02/12 Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi yang akan dikembangkan.

"Desember lalu, saya mendapat telpon Cimahi akan dapat bantuan untuk pengembangan wisata. Akhirnya diputuskanlah Dewi Citos itu," tandasnya.

Dewi Citos merupakan kawasan ekowisata yang aktif tahun 2015. Kawasan itu dikelola oleh Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Dewi Citos. Namun, tahun 2017 lalu terpaksa harus ditutup karena permasalahan finansial.

Baca Lainnya