Rabu, 24 Februari 2021 13:05

Dewan Menilai Situ Gede di Kota Tasikmalaya Tidak Terurus Dengan Baik

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Obyek Wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya
Obyek Wisata Situ Gede di Kota Tasikmalaya [pasundan.id]

Limawaktu.id,- Keua Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Bedi Budiman  menilai Situ Gede memiliki potensi air baku yang luar biasa dan tentunya potensi wisata yang luar biasa juga tapi sangat disayangkan banyaknya sampah dan pendangkalan yang saat ini kondisi destinasi wisata unggulan di Kota Tasikmlaya ini tidak tertata dengan baik.

 Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat meyakini bahwa Situ Gede akan bermanfaat untuk warga Kota Tasikmlaya jika ditata dengan baik. selain itu Kota Tasik juga akan memiliki kebanggaan terhadap Situ Gede yang menjadi destinasi wisata nasional, bahwasannya Situ Gede ini berdiri sejak zaman kolonial Belanda.

 “Sejak dulu keindahan alam yang disajikannya telah menarik banyak orang untuk berkunjung, oleh karena itu Situ Gede Kota Tasikmalaya ini perlu perhatian khusus dari pemerintah maupun dari masyarakatnya itu sendiri,” ujarnya, Rabu (24/2/2021)

 Situ Gede merupakan salah satu dsetinasi wisata Kota Tasikmalaya yang berada  di Kecamatan Mangkubumi. Danau seluas 47 hektare tersebut, memang menyajikan kilau pesona wisata alam di pusat kota Tasikmalaya yang indah dan nyaman untuk dinikmati bersama keluarga saat liburan. Hamparan air tawar dengan hutan kota yang masih rindang, menjadi pemandangan yang bisa dinikmati pengunjung. Bahkan, kehadiran makam keramat di hutan Situ Gede, menjadi pelipur lara bagi pengunjung yang menyenangi wisata religi untuk berziarah.

 "Ada tiga makam keramat berasal dari Kerajaan Sumedang larang," ujar Nandang Suherman (57), juru kunci makam kemaramat Situ Gede, dikutip Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kawasan wisata Situ Gede merupakan ikon utama wisata alam di kota Tasikmalaya yang cukup dikenal hingga kini.

“Satu-satunya danau di kota Tasik ya Situ Gede,” ujarnya.

Memiliki hutan alam yang masih terjaga kerindangannya, keberadaan wisata Situ Gede memang laiknya oase di tengah padang pasir. "Tinggal ditata dengan baik pengunjung bisa datang kapan pun," ujarnya optimis. Saat ini, wisata kawasan Situ Gede masih didominasi permainan air seperti sepeda air dan sajian rakit rakyat yang terbuat dari bambu, untuk membawa pengunjung hingga ke tengah danau.

Sementara permainan air lainnya, hingga kini belum tersedia dengan lengkap. "Lebih tepatnya mungkin Situ Gede buat acara keluarga sambil menikmati pemandangan alam hutan kota," tegasnya.

Baca Lainnya