Jumat, 17 Juli 2020 13:36

Ceu Fiyah, dari Medsos ke Layar Kaca

Penulis : Bubun Munawar

Bandung - Warganet, terutama yang kerap menyaksikan tayangan Youtube, pasti sudah tidak asing dengan nama Ceu Fiyah, yang namanya cukup populer di kalangan Youtuber.

Di Channel Youtube, Ceu Fiyah digambarkan sebagai seorang  perempuan dengan dandanan menor, dan logat khas sunda, yang membuat penontonnya tertawa ngakak atas ulahnya yang centil.

Namun siapa sangka, jika pemeran Ceu Fiyah adalah sorang pria bernama Rifky Nasim Maulana, warga Cipendeuy, Subang. Memerankan tokoh seorang ibu dengan daster khasnya, Rifky merupakan sosok pria sejati beristerikan Dewi Siti Nurhasanah.

Nah, apa yang dilakukan Rifky dengan sosok Ceu Fiyahnya, menarik perhatian Seorang  komedian asal Jawa Barat, Sogi atau yang akrab dipanggil Ogi Sos untuk mengajaknya bermain dalam Sitkom Sunda Banyolan Lalakon Sunda (Balaka) yang tayang di TVRI Jawa Barat.

“Banyak komedian yang hadir di Youtube tapi Ceu Fiyah ini terasa lain, karena memiliki ciri khas atau ikon,” ungkap Ogi, saat interview dengan Limawaktu.id, usai shooting Balaka di studio TVRI Jawa Barat, Kamis (16/7).

Dikatakannya, dibuatnya acara Balaka dimaksudkan selain untuk menghibur masyarakat, juga dalam upaya memelihara dan mempertahankan nilai budaya, khususnya seni Sunda.

“Balaka merupakan acara yang bisa mengangkat nilai nilai budaya dan menjadi sebuah tayangan yang  membuat orang minimal tersenyum, kehadiran Ceu Fiyah diharapkan bisa lebih meramaikan Balaka,,” katanya.

Sedangkan Rfky, pemeran Ceu Fiyah yang merupakan keluarga baru di Kampung Balaka yang tayang di TVRI Jawa Barat sepekan sekali ini mengaku senang bisa ikut bergabung di keluarga Kampung Balaka TVRI Jawa Barat.

“Bermain di Youtube atau main di layar kaca ini tak jauh beda, saya bisa ikutan main di Balaka karena diajak kang Ogi,” ucapnya.

Baca Lainnya