Sabtu, 13 Oktober 2018 14:03

Butuh Destinasi Wisata Edukasi, TWGC Lembang Jawabannya

Reporter : Fery Bangkit 
Alifia Nurul Hayati , salah seorang pengunjung asal Purwakarta yang tengah berinteraksi langsung dengan burung macaw.
Alifia Nurul Hayati , salah seorang pengunjung asal Purwakarta yang tengah berinteraksi langsung dengan burung macaw. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung Barat -  Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat memang terkenal akan wisatanya yang sangat menarik.

Di antaranya di Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) di Jln. Tangkuban perahu, Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata alam itu sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan. Alasannya, selain lokasinya yang instagramable dan nyaman, TWGC juga menghadirkan spot 'Grafika Bird Park' dan 'Penangkaran Rusa'.

Mengupas terlebih dulu soal 'Grafika Bird Park'. Wahana wisata edukasi itu baru diresmikan beberapa waktu lalu. Ada sekitar 70 ekor dari 13 jenis burung yang dihadirkan untuk memanjakan para pengunjung.

Di antaranya burung macaw, gray, amazone, palek, derbian, sankanur dan berbagai jenis burung lainnya. Hebatanya, burung-burung tersebut didatangkan dari luar negeri, seperti dari Brazil dan Amerika.

Pengunjung bukan hanya bisa menyaksikan burung, tapi bisa juga bercengkrama dan memberinya makan. Tak ketinggalan tentunya melakukan swafoto alias selfie dengan burung-burung itu.

Perlu diketahui juga, burung-burung yang ada di 'Grafika Bird Park' juga cukup akrab dengan pengunjung. Mereka bisa hinggap sesukanya di tubuh pengunjung. Jangan takut dipatok, sebab burungnya sangat jinak dan bersahabat.

Selanjutnya, ada juga area 'Penangkaran Rusa'. Dengan bekal sayuran jenis wortel yang disediakan pihak pengelola, pengunjung bisa langsung 'PDKT' dengan rusa. Ujung-ujungnya, langsung bisa berfoto.

Alifia Nurul Hayati (23), salah seorang pengunjung asal Purwakarta menuturkan, ia sangat terpikat dengan suguhan wisata alam di TWGC. Grafika Bird Park adalah salah satu yang dia sukai.

"Iya suka, burungnya bagus-bagus. Tadi juga di sapa sapa burung 'halo' katanya," ujarnya.

General Manager Operasional Grafika Cikole, Sapto Wahyudi mengungkapkan wahana baru ini guna memberikan wisata baru yang instagramable, berfoto bersama burung paruh bengkok. Semua jenis paruh bengkok ini, kata Sapto didatangkan dari luar negeri, yakni Amerika Selatan dengan mendapatkan surat resmi.

"Kami tertarik buka wahana (burung) ini karena ingin memberikan edukasi pada pengunjung sehingga dapat berinteraksi dengan burung paruh bengkok," ujarnya di Grafika, Sabtu (13/10/2018).

Pengunjung yang ingin masuk ke wahana ini, kata Sapto hanya perlu merogoh kocek Rp 20 ribu pengunjung pun mendapatkan satu pakan kwaci dan buahan.

"Nanti pengunjung pun bisa langsung berinteraksi foto dengan burung macaw green wings, militery, harle Queen, samrock, mili gold, cattalina dan Scarlet Nicaragua," katanya.

Baca Lainnya