Rabu, 28 Maret 2018 13:39

Budayawan: Wisata Alam Cimahi Butuh Kemasan Unik

Reporter : Fery Bangkit 
Sungai Cimahi, tempat yang berpotensi dijadikan lokasi wisata alam di Cimahi.
Sungai Cimahi, tempat yang berpotensi dijadikan lokasi wisata alam di Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Budayawan senior asal cimahi, Hermana menilai, semua potensi pariwisata sebetulnya bisa dimunculkan di Kota Cimahi. Mulai dari pariwisata alam hingga kebudayaan.

Syaratnya, pemerintah harus pintar mengemas konsep wisata. Dengan kemasan atau penampilan yang menarik, akan menjadi magnet bagi para pengunjung.

Sebab menurut Hermana, pariwisata itu layaknya sepotong kue. Rasa segurih dan seenak apapun tak akan dibeli bila kemasan atau penampilannya biasa saja.

"Pariwisata ini bisa berkembang tergantung dari kemasan dan keseriusan," kata Hermana, Selasa (28/3/2018).

Meski dengan Sumber Daya Alam (SDA) terbatas, namun bagi Hermana, masih ada potensi wisata alam yang bisa dimaksimalkan oleh Pemerintah Kota Cimahi.

Ia mencontohkan, aliran Sungai Cimahi itu bisa dijadikan semacam tempat wisata anak. Selain itu, adapula Gunung Bohong yang sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata.

"Hanya sekarang tinggal bagaimana memberdayakan tempat-tempat itu," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Kota Cimahi Ero Kusnadi mengakui, potensi wisata alam di Cimahi sangat minim. Namun jika berbicara edukasi dan inovasi, masih ada potensi wisata lain yang harus digali.

Ia mencontohkan keberadaan Kampung Adat Cireunde, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. "Demikian pula dengan wisata heritage. Cimahi memiliki banyak gedung-gedung bersejarah," katanya.

Baca Lainnya