Senin, 31 Desember 2018 14:19

Barisan Muda Buanamekar Menjaga Nilai Persatuan 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Mulai melemahnya nilai-nilai persatuan dan tergerusnya seni budaya bangsa mengundang keprihatinan para pemuda Desa Buanamekar Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang

Untuk mengantisipasinya delapan komunitas yang ada meleburkan diri dalam satu wadah yang diberi nama Barisan Muda Buana Mekar (BMB). Hal itu terungkap saat digelarnya Deklarasi Barisan Muda Buanamekar,  pada Minggu 30 Desember 2018. 

Ketua Pelaksana Deklarasi BMB Ahep Sunandar mengungkapkan, BMB merupakan afiliasi dari delapan komunitas yang sebelumnya ada di Desa Buanamekar Kecamatan Cibugel. Selain menampilkan kreasi anak muda Buanamekar, Delarasi juga dimeriahkan seni calung Ade Oray dan Galengan Sora Awi asal Bandung.  

"Kami harapkan ini menjadi pendorong bagi para pemuda untuk bersatu dan menjaga nilai-nilai seni budaya bangsa yang mulai tergerus oleh budaya luar," ungkapnya, kepada Limawaktu.id. 
Dikatakan Ahep, Deklarasi yang digelar pada Minggu malam tersebut merupakan puncak dari kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya sejak pagi hari. 

Ketua BMB Decky Hermanto menyebutkan, deklarasi digelar untuk mempersatukan generasi muda yang ada di Buanamekar dalam menjaga nilai persatuan dan kebersamaan. BMB menjadi mitra pemerintah dalam mendukung persatuan, ketertiban dan keamanan. 

 "Kami menjadi bagian dalam menjaga nilai persatuan dan ketertiban serta menjaga seni budaya daerah," pungkasnya.

Baca Lainnya