Sabtu, 20 Januari 2018 11:07

Bandung Jamaican Sound : Para Penikmat Jamaican yang Menghasilkan Karya

Komunitas Bandung Jamaican Sound.
Komunitas Bandung Jamaican Sound. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sejumlah musisi yang asal Kota Bandung, telah besepakat akan menamakan diri Bandung Jamaican Sound. Hal itu dilakukan karena keinginan dan kegelisahan sejumlah komunitas tentang pergerakan yang dilakukan secara parsial, diantara musisi yang terkonsentrasi pada perjuangan melahirkan karya, serta potensi komunitas yang terabaikan.

Founder Bandung Jamaican Sound, Soni Bebek Sonjaya mengatakan, pihaknya telah sepakat untuk membuat pergerakan yang tidak lagi dibatasi genre, baik itu ska, reggae, dub, dance hall, roots, ataupun steady. "Kami sepakat menamakan diri BANDUNG JAMAICAN SOUND, dengan tagline Unity Will Ngahiji," kata Soni saat diwawancara, Jumat (19/1/2018).

Menurutnya, Community Development adalah bahasa kerennya, tapi itu menjadi sekedar istilah, esensinya adalah Bandung Jamaican Sound berjuang mempersatukan musisi yang beraliran Jamaican, serta membina sampai meregenerasi yang tadinya hanya sekedar penikmat berubah menjadi yang menghasilkan karya.

"Para penggemar musik Jamaican Sound sangat independent, terbukti dengan menamakan komunitasnya masing-masing, dengan nama yang unik dan tidak berkaitan dengan band tertentu. Disamping itu juga setiap band pada dasarnya memang memiliki fanbasenya sendiri, maka potensi komunitas ini sangatlah besar," ungkapnya.

Soni pun mengaku, bahwa Bandung Jamaican Sound Fest telah melakukan Road to Bandung Jamaican Sound Fest, yang dilakukan di empat penjuru Kota Bandung, selain merupakan gigs, Juga sebagai wujud nyata merangkul komunitas Bandung Timur, Barat, Utara, dan Selatan.

"Pergerakan tersebut dilakukan pada tanggal 7 Januari 2018 di Kopilurs Jalan Braga, kemudian pada tanggal 13 Januari 2018 di level 2 Lounge jalan sukajadi. Tersisa Dua Titik lagi yaitu Bandung Selatan Dan Bandung timur sebelum pada big bang yang Akan digelar Setelah Idul Filtri 2018 mendatang," paparnya. (lie)*

Baca Lainnya