Sabtu, 30 Oktober 2021 11:18

Sebagai Pedoman Hidup, Alquran Juga Memberi Pahala Berlimpah

Reporter : Permana
Penghapal Quran
Penghapal Quran [bincangsyariah]

Alquran adalah pedoman hidup bagi umat muslimin. Di dalam Alquran terdapat pelajaran kehidupan karena menceritakan tentang kisah-kisah kaum terdahulu. Begitu pula, di dalamnya pun terdapat keterangan tentang kehidupan di alam akhirat. Di dalam kitab suci yang masih terjaga originalitasnya ini, termuat larangan dan kewajiban manusia dan penganutnya.

Salah satu keutamaan adalah membacanya. Rasulullah Solallahualaihiwasallam dalam hadist yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Alquran.” (HR Baihaqi). 

Hadits terkenal riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi). 

Berikut beberapa keutamaan membaca Aquran;

1.  mempelajari dan Mengajarkan

Allah memberikan limpahan pahala yang begitu besar bagi umatnya yang mempelajari Alquran. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari).

 2. Dua Pahala Bagi Yang Mempelajarinya

Rasulullah SAW bersabda: “Perumpamaan orang yang membaca Alquran sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Alquran sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

 3. Mahkota dari Cahaya

Bagi para penghafal Alquran, orang tua para penghafal akan diberikan mahkota dari cahaya saat di padang Mahsyar. Saat orang-orang sedang bingung tentang amal di dunia, orang tua yang anaknya hafidz Quran, akan diberikan mahkota cahaya. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa saja membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa Alquran.” (HR Al-Hakim).

 4. Memberi Syafa’at di Akhirat

Syafa’at atau pertolongan di akhirat merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Kebiasan membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran, maka dia akan memberi syafaat. Ini sesuai dengan keterangan Rasulullah SAW: “Puasa dan Alquran, keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR Ahmad dan Al-Hakim).

Baca Lainnya

Topik Populer