Selasa, 21 Agustus 2018 11:25

Ratusan Umat Muslim di Cimahi Gelar Solat Ied Qurban Hari ini

Reporter : Fery Bangkit 
Ratusan warga majelis kajian Islam Cimahi ini melakukasn solat Idul Adha pada hari ini di Pandiga, Jln. Sirna Rasa, Kota Cimahi.
Ratusan warga majelis kajian Islam Cimahi ini melakukasn solat Idul Adha pada hari ini di Pandiga, Jln. Sirna Rasa, Kota Cimahi. [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Meski Kementrian Agama menetapkan Idul Adha 1439 Hijriyah jatuh pada 22 Agustus 2018, namun sebagian masyarakat Kota Cimahi telah melakukan ied pada Selasa (21/8/2018).

Terpantau ratusan warga majelis kajian Islam Cimahi ini melakukan sholat Idul Adha pada hari ini di Pandiga, Jln. Sirna Rasa, Kota Cimahi. Mereka mengacu pada keputusan Mahkam Ulya Arab saudi yang menetapkan 12 Agustus adalah 1 Zulhijah sehingga 9 Zulhijah yang merupakan Wukuf Arafah jatuh pada tanggal 20 Agustus 2018 kemarin, sehingga 21 Agustus adalah pelaksanaan Idul Adha.

Hal tersebut berbeda dengan pemerintah Indonesia yang menetapkan 1 zulhijah pada 13 agustus sehingga 10 zulhijah adalah tanggal 22 agustus, seperti yang telah diberitakan bahwah menurut menteri agama republik Indonesia pelaksanaan Idul Adha adalah bersifat lokal yang artinya boleh berbeda dengan Arab Saudi.

Nur Arifin, salah seorang jemaah mengatakan, dirinya mengetahui bahwa wukuf di Arofah pada senin kemarin. Setelah mengetahui informasi, ia langsung mencari informasi yang akan melaksanakan sholat idul adha hari ini.

“Kalau kita liat diberita kalau pelaksanaan Wukuf itu kemaren, makanya saya cari informasi di Cimahi ada gak yang solat Idul Adha Hari ini, ternyata ada, makanya saya ikut sholat hari ini,” tambahnya.

Meski mayoritas muslim akan melaksanakan besok pada tanggal 22 agustus, dirinya lebih memillih hari ini sesuai dengan pemerintah arab. "kalau saya memang lebih memilih hari ini karena kan harusnya kita ikut di arab yang melaksanakan ibadah haji kan disana," pungkasnya.

Baca Lainnya