Senin, 20 Desember 2021 7:06

Istighfar, Mudah Diucapkan Dahsyat Faedahnya

Reporter : Iman Nurdin
 Istighfar Mudah Dicapkan, Dahsyat Faedahnya
Istighfar Mudah Dicapkan, Dahsyat Faedahnya [Istimewa]

Limawaktu.id ,-- istighfar adalah memohon ampun kepada Allah atas dosa dan kesalahan. Perkataan istighfar yakni astaghfirullah atau astaghfirullah aladziim artinya semoga Allah memohonkan ampunku.

Pengucapan istighfar ini harus disertai rasa sedih dan penyesalan atas dosa dan kesalahan yang kita perbuat. Kemudian perasaan penyerahan diri kepada Allah agar diberi ampunan. Pengucapan Istghfar harus disertai penghayatan dan mengingat Allah sebagai Dzat Maha Pengampun.

Pengucapan ini dianjurkan didawamkan setiap saat dan setiap kesempatan. Tidak ada batasan kapan mengucapkan istighfar. Al Hasan al Bashri mengatakan, “ Perbanyaklah al-Istighfar di rumah-rumah, di atas meja-meja makan, di jalan-jalan, di pasar-pasar, di pertemuan-pertemuan, di mana saja kalian, sesungguhnnya kalian tidak mengetahui kapan turunnya ampunan.”


Beberapa keutaman dalam beristighfar yang sangat besar. Dengan kalimat yang sederhana dan mudah diucapkan, namun sangat besar faedahnya dalam kehidupan kita. Inilah Keutamaan yang Allah firmankan dan Nabi Muhammad Shalallahu alaihiwasallam sabdakan.


1. Melancarkan Rezeki

Dalam Alquran surat Nuh ayat 10-12, artinya: “Maka Aku berkata (kepada mereka) 'Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu”.”

Sungguh beristghfar akan membuka pintu rezeki yang luas. Bahkan rezeki datang di pintu yang tidak disangka-sangka. Untuk itu, membiasakan istghfar seyogyanya didawamkan setiap saat dan di mana saja.


2. Menggugurkan Dosa

Tentu saja, Allah akan berjanji akan memberikan ampunan kepada orang yang mau bertaubat. Karena dengan memperbanyak istighfar menggugurkan dosa-dosa yang sebelumnya kita miliki.

Rasulullah SAW bersabda “Allah telah berkata wahai hamba-hambaKu setiap kalian pasti berdosa kecuali yang aku jaga, maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian aku ampuni dan barangsiapa yang meyakini bahwa aku punya kemampuan untuk mengampuni dosa-dosanya, maka akan mengampuni dosa-dosanya, maka aku akan mengampuninya dan aku tidak peduli (seberapa banyak dosanya),” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi).

3. Memudahkan Segala Urusan

Salah satu keutamaan istighfar adalah Allah akan memudahkan dalam menjalankan suatu urusan. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda; “Barang siapa memperbanyak istighfar, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas).

4. Terhindar dari Kemalasan

Ketika rasa malas mendera, dianjurkan segera mengucapkan istghfar. Karena dengan membaca istighfar maka rasa semangat akan muncul lagi. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Rasulullah, bahwa beliau membaca kalimat istighfar ketika sedang malas. “Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali” (HR Muslim)


5. Tameng dari Api Neraka

Di akhirat kelak, istghfar akan menyelamatkan manusia dari siksa api neraka. Ucapan istghfar ini merupakan ptrtaubatan manusia kepada Allah dari dosa dan kesalahan, maka tatkala Allah mengampuni terhidarlah kita dari siksa api neraka. Manusia mulia bukanlah orang yang tidak punya dosa dan kesalaha, tetapi orang yang senantiasa bertaubat jika berbuat salah dan dosa. Bahkan Allah pun menyukai orang-orang yang bertaubat. Taubat dengan mendawamkan istigfar akan menghidarkan diri dari siksa api neraka.


6. Pintu masuk Surga

Memperbanyak mengucap istighfar akan digolongkan sebagai orang-orang yang ingat kepada Allah SWT. Karena, orang-orang yang selalu memohon ampunan dari Allah SWT, termasuk orang yang mengingatNya. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa merekalah orang-orang yang mengingat akan kesalahannya dan surgalah balasan yang diberikan oleh Allah SWT. Orang-orang itulah yang akan diberi balasan surga milikNya.


Dengan demikian, hikmah orang yang senantiasa tejaga lisan dan hatinya ber istighfar, yakni

1. Terkabulnya Doa

Tatkala kita beristghfar sebelum berdo'a, maka yaknikan kita bahwa Allah akan mengabulkannya. Sebab, Allah akan senang kepada umat yang senantiasa memohon ampun dan berdzikir kepada-Nya. Inilah yang bisa Allah akan mengabulkan apa yang kita doakan.


2. Hidup menjadi tenang.

Dalam surat Ar Rad ayat 29, Allah SWT berfirman; "Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hatimu akan tenang". Membiasakan mengucapkan istgffar akan bentuk dzikir atau mengiingat Allah maha Pengampun. Dengan membiasakan beristighfar akan membuat kita tenang dan nyaman. Bayangkan saja, perbuatan salah dan dosa yang kita perbuat, membuat gundah gulana. Namun saat mengucapkan istghfar, hati menjadi tentram.

Semoga kita diberi kekuatan Allah untuk senantiasa mendawamkan istighfar di setiap kesempatan. Wallahualam. 

 

Baca Lainnya

Topik Populer