Kamis, 30 September 2021 21:21

Inilah Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Reporter : Iman Nurdin
Surat Al Kahfi
Surat Al Kahfi [Istimewa]

KEISTIMEWAAN hari Jum'at salah satunya dengan membaca surat Al Kahfi. Surat ke-18 ini disebutkan akan memberikan perlindungan dari fitnah Dajjal. 

Al Kahfi artinya para penghuni gua. Mengisahkan tentang tujuh orang dan seekor anjing yang melarikan diri untuk menjaga aqidahnya. Mereka pun akhirnya berdiam diri di dalam gua. Di dalam gua tersebut, Allah selamatkan dengan menidurkan 309 tahun. 

Keutamaan seorang Muslim yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat dinyatakan Nabi Muhammad SAW dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu 'anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

 

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at."

Barang siapa yang menghapal 10 ayat pertama, maka dia akan terlindung dari fitnah Dajjal. Seperti disebutkan oleh Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim no. 809)

Sungguh begitu besar keutamaan surat berisi 110 ayat ini. Jangan sia-siakan datangnya sayyidulayyam ini dengan membaca surat Al Kahfi dan menghapal 10 ayat pertama. Wallahualam. 

Baca Lainnya