Selasa, 21 Desember 2021 6:20

Inilah Kedudukan Ibu dalam Islam

Reporter : Iman Nurdin
Inilah Kedudukan Ibu dalam Islam
Inilah Kedudukan Ibu dalam Islam [ilustrasi]


Limawaktu.id,-- Seorang Ibu dalam pandangan Islam begitu mulia. Seorang ibu menjadi tempat lahirnya anak-anak manusia. Karena itu, posisi ibu sangat istimewa dan terhormat.

Seorang anak wajib memuliakan dan menjaga kehormatan ibunya. Bahkan dibandingkan bapak, Ibu memiliki tempat tiga kali lebih mulia. Rasa kasih dan sayang ibu sangat luar biasa. Hatinya senantiasa terpaut pada anak-anaknya. Inilah kenapa rahim terdapat pada seorang ibu, karena kasih dan sayangnya sepannjang masa.


Sebuauh hadist Dari Mu’awiyah bin Haidah Al Qusyairi radhiallahu’ahu, beliau bertanya kepada Nabi:

يا رسولَ اللهِ ! مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ : قال : أُمَّكَ ، قُلْتُ : مَنْ أَبَرُّ ؟ قال : أباك ، ثُمَّ الأَقْرَبَ فَالأَقْرَبَ

“Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya.” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, sanadnya hasan)

Tidak pelak lagi, seorang ibu wajib mendapat kehormatan di dalam keluarga. Inilah spirit hari Ibu yang kita peringati setiap tanggal 22 Desember, mengingatkan kita tentang kewajiban kita memuliakan orang yang melahirkan dan membesarkan anak-anaknya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer