Sabtu, 16 Juli 2022 14:39

Doakan Mayyit dengan Sholat Sunnah Al-Uns Fil Qobri

Reporter : Iman Nurdin
Doakan Mayit dengan Sholat Sunnah Al-Uns Fil Qobri
Doakan Mayit dengan Sholat Sunnah Al-Uns Fil Qobri [Ilustrasi]

Limawaktu.id,- Begitu berat beban yang dirasakan seorang jenazah pada malam pertama dikuburkan. Malam pertama inilah yang pasti dirasakan mayyit tatkala dia meninggal dunia.

Sebagai orang yang masih hidup, sungguh menjadi keutamaan bagi kita mendoakan mayyit. Salah satunya dengan mendoakan dan mendirikan sholat dihadiahkan untuk sang mayyit.

Sholat sunnah untuk mayyit atau al-uns fil qobri adalah sholat sunnah dua raka'at yang pahalanya diberikan kepada kerabat atau teman yang telah meninggal dunia agar mendapatkan ketenangan di dalam liang kuburnya.

Sholat sunnah untuk mayyit (al-uns fil qobri) memiliki keutamaan yang sangat besar, diantaranya adalah :

(( لا يأتي على الميت أشد من الليلة الأولى ، فارحموا موتاكم بالصدقة ، فمن لم يجد فليصل ركعتين ، يقرأ فيهما فاتحة الكتاب ، وآية الكرسي ، والهاكم التكاثر ، وقل هو الله أحد إحـدى عـشـرة مرة ، ويقول : اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد ، اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان ، فيبعث الله مـن ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نهر وهدية يؤنسونه في قبره إلى أن ينفخ في الصور ويعطى الله المصلي بعدد ما طلعت عليه الشمس حسنات ، ويرفع الله له أربعين ألف درجة ، وأربعين ألف حجة وعمرة ويبني الله له ألف مدينة في الجنة ، ويعطى ثواب ألف شهيد ، ويكسى ألف حلة )) . { ذكره في كتاب المختار ومطالع الأنوار عـن

النبي 35 .

Artinya: "Tidak datang bagi mayyit tatkala dimakamkan yang lebih berat daripada malam pertama, (oleh karenanya) kasihanilah mayyit kalian dengan sedekah, barangsiapa yang tidak mampu bersedekah, maka sholatlah dua raka'at bacalah surat Al Fatihah satu kali, ayat Kursi satu kali, surat Alhakumuttakatsur satu kali dan surat Al-Ikhlas sebelas kali pada setiap raka'atnya, kemudian setelah salam, bacalah doa Ya Allah sesungguhnya aku sholat sunnah ini dan Engkau telah mengetahui niatku, ya Allah sampaikanlah pahala sholat ini ke makam fulan bin fulan (sebutkan nama mayyitnya) ", maka Allah akan menyampaikan pahalanya pada saat itu juga ke makam fulan bin fulan dengan seribu Malaikat dan setiap Malaikat membawa sungai yang mengalir dan hadiah, yang selalu menemaninya sampai hari pembangkitan, dan orang yang sholat akan diberi pahala oleh Allah sejumlah kebaikan yang Allah turunkan setiap kali terbit matahari, dan Allah akan mengangkat empat puluh ribu derajatnya dan Allah akan memberinya pahala seperti melakukan empat puluh ribu kali haji dan umroh, dan Allah akan membangunkan seribu kota di surga untuknya, dan Allah akan memberinya pahala seperti pahalanya seribu orang mati syahid, dan Allah akan memberikannya seribu pakaian kemuliaan".{ Al-Mukhtar ).

Diriwayatkan dari hadits


وورد : أن فاعل ذلك له ثواب جسيم ، ومنه أنه لا يخرج من الدنيا حتى يرى مكانه في الجنة

Artinya: "Yang menunaikan sholat akan mendapatkan pahala yang sangat besar dan ia tidak meninggal dunia kecuali telah Allah SWT tunjukkan tempat baginya di surga".

Sebagian ulama' berkata:

لطوبي لعند واظب على هذه الصلاة كل ليلة وأهدى ثوابها لكل ميـت مـن

المسلمين ( ذكره في نهاية الزين للإمام محمد بن عمر نووي الجاوي }.

Artinya: "Sungguh sangat beruntung atas seorang hamba yang selalu melakukan sholat ini setiap malamnya, dan menghadiahkan pahalanya untuk setiap mayyit dari kaum muslimin".

Ziarah kubur
Diantara niat-niat yang baik ketika akan ziarah kubur.
1- Niat untuk mengikuti perintah Rasulullah SAW.
2- Niat untuk mengingat kematian dan akhirat.
3- Niat untuk mendoakan para mayyit.
4- Niat untuk melaksanakan hak-hak mayyit.
5- Niat untuk berhubungan dengan orang-orang yang telah meninggal dunia. (Sumber : NGAJITERUS)

Baca Lainnya