Rabu, 17 November 2021 10:51

Doa dan Amalan-amalan Saat Turun Hujan

Reporter : Iman Nurdin
Doa dan amalan saat hujan
Doa dan amalan saat hujan [Istimewa]

limawaktu. Id - Setiap hujan adalah rahmat dari Allah Subhanahu wataala. Tetesan air menjadikan bumi hidup (subur ) dari kematiannya (kering). Jangan sekali-kali mencaci hujan, karena di balik hujan ada keberkahan dan rahmat dari-Nya.

1. Membaca doa syukur

Saat hujan turun, bacalah doa syukur, sebagai berikut.

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

"Allahumma shoyyiban naafi’aa. Artinya: "Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat"

2. Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

Menurut Ibnu Qudamah dalam Kitab Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, "Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

Untuk itu, berdoalah sebanyak-banyaknya untuk kebaikan dan hajat kita saat turun hujan.

3. Memohon cuaca kembali cerah

Nabi Muhammad SAW pada suatu hujan lebat, beliau memohon kepada Allah agar cuaca kembali cerah

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari"
Artinya: Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.

4. Tidak Mencela Hujan

Sesungguhnya hujan adalah rahmat, Allah melarang umatnya untuk mencela apapun, termasuk hujan.

Allah SWT berfirman:
مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

”Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS. Qaaf [50] : 18)

5. Mengambil Berkah dari Hujan

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, ”Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyingkap bajunya hingga terguyur hujan.
Lalu, kami mengatakan, “Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?” Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لأَنَّهُ حَدِيثُ عَهْدٍ بِرَبِّهِ تَعَالَى

“Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

Demikian amalan yang dianjurkan saat turun hujan. Semoga kita mendapat rahmat dan keberkahan saat Allah menurunkan hujan.

Baca Lainnya