Sabtu, 1 Januari 2022 13:14

Awal Tahun 2022, Ingat Pesan Nabi Tentang Waktu

Reporter : Iman Nurdin
Awal Tahun 2022, Ingat Pesan Nabi Tentang Waktu
Awal Tahun 2022, Ingat Pesan Nabi Tentang Waktu [Istimewa]

limawaktu.id,-- Memasuki awal tahun baru, mengingatkan kita tentang pentingnya soal waktu. Tahun 2021 sudah berlalu dan tidak pernah akan kita kembali. Sebab waktu terus berjalan, tidak pernah mundur ke belakngan.

Memasuki tahun baru, kita merasa bertambah usia, bertambah hitungan umur kita. Namun, para ulama mengatakan, hakikatnya bertambah waktu adalah mengurangi jatah usia hidup kita. Pada ulama kerap mengingatkan tentang pentingnya waktu, sebagai modal yang Allah berikan kepada manusia. Modal bagi manusia untuk berbuat baik dan mengumpulkan bekal untuk di akhirat kelak.

Diriwayatkan oleh sahabat Abdullah Ibnu Abbas RA bahwa Baginda Rasulullah SAW bersabda :

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَفِرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ وَحَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya; Manfaatkanlah lima perkara sebelum kamu kedatangan lima perkara (demi untuk meraih keselamatan dunia akhirat). Yakni Masa mudamu sebelum datang masa tuamu. Sehatmu sebelum datang sakitmu. Masa kayamu sebelum datang faqirmu. Waktu luangmu sebelum waktu sibukmu. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu".

Seringkali kita lalai terhadap waktu. Padahal waktu adalah nikmat yang begitu besar dari Allah bagi manusia. Kenikmatan ini sering kali kita lalai dan tidak dipergunakan sebaik-baiknya untuk kebaikan di dunia dan di Akhirat kelak.

Inilah yang diwanti-wanti Baginda Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam tentang nikmat waktu. Sabdanya,

نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

Semoga kita termasuk orang-orang yang mampu memanfaatkan waktu sehat dan waktu luang untuk berbuat kebajikan untuk bekal dunia dan akhirat. Wallahualam.

Baca Lainnya