Jumat, 17 September 2021 7:43

10 Manfaat Bersholawat kepada Rasulullah SAW

Reporter : Iman Nurdin
Ilustrasi
Ilustrasi [Istimewa]

BERSHOLAWAT kepada Rasulullah adalah kewajiban bagi seorang muslim. Di dalam Al Quran, Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Begitu pula Allah memerintahkan kepada orang-orang berikan untuk senantiasa mengumandangkan sholawat Nabi.
Dalam kitab  Syaraf Al-Ummah Al-Muhammadiyyah karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki Al-Hassani menyebutkan manfaat bersholawat kepada Nabi Rasulullah.

1. Mematuhi perintah Allah Ta'ala.
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersoalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS. Al Ahzab: 56)

2. Bersholawat kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam merupakan perintah Allah (di dalam Alquran), meskipun berbeda makna antara sholawat  yang dari kita sebagai umat Nabi dan sholawat dari Allah. Sholawat kita berarti doa dan permohonan, sedangkan sholawat dari Allah berarti pujian dan pemuliaan.

3. Sesuai dengan apa yang dilakukan oleh para Malaikat.

4. Orang yang bersholawat satu kali mendapat balasan sepuluh selawat dari Allah Ta'ala.

5. Orang yang bersholawat mendapat peningkatan darajat sepuluh kali.

6. Baginya dicatat sepuluh kebajikan.

7. Dihapus sepuluh amal keburukannya.

8. Doanya dapat diharap akan terkabul, kerana sholawat akan memanjatkan doanya dan menghadapkannya kepada Allah Rabbul-'alamin. Sebelum orang yang berdoa bersholawat lebih dahulu, doanya berhenti tergantung di antara bumi dan langit.

9. Dapat menjadi sarana untuk mendapat syafaat Nabi jika sholawat itu disertakan doa mohon wasilah, atau diucapkan tersendiri.

10. Sholawat merupakan sarana untuk memperoleh ampunan dari Allah SWT.

Baca Lainnya

Topik Populer