Berita Populer

Jumat, 1 Juni 2018 22:02

Ahli Ibadah, Pohon dan Setan

Kisah tersebut mengisyaratkan pada sebuah hakikat. Orang-orang yang berjuang di jalan Allah, niscaya Allah akan membantunya.

Malam, 15 Ramadahan tahun ke-3 H. Sinar suci menerangi Madinatun Nabi yang berasal dari rumah sederhana milik Sayidah Fatimah, sang puteri terkasih Nabi.

Puasa, sebenarnya bagaikan sebuah madrasah yang mendidik dengan karakter building dan praktek langsung bukan sekedar mengajarkan konsep yang masih tertulis di buku-buku teori tentang kehidupan.

Selasa, 29 Mei 2018 15:27

Bocah Aneh, "Berpuasa" 11 Bulan

Bocah itu menjadi pembicaraan dikampung Ketapang. Sudah tiga hari ini ia mondar-mandir keliling kampung.

Selasa, 29 Mei 2018 15:14

Aqal Manusia

Begitu pentingnya Aqal ini sehingga Allah SWT menurunkan segala hal untuk hamba-Nya yang berakal.

Senin, 28 Mei 2018 19:11

Syahwat Manusia

Syahwat merupakan perangkat diri kita yg seringkali dimaknai negatif. Syahwat bermakna: "Daya yg nemberikan dorongan yg kuat di dalam diri manusia kepada sesuatu yg memberikan kenikmatan baginya"

Berbuka puasa biasa dimulai dengan ta’jil. Ya, makanan sore hari itu. Makanan pembuka. Ta’jil dalam bahasa artinya menyegerakan. Maksudnya, bila sudah adzan cepat-cepatlah berbuka. Ke dalam bahasa kita, ta’jil menjadi tajil.

Selasa, 22 Mei 2018 14:53

Pemuda dan Orangtua yang Tidak Puasa

"Iya benar, saya tidak berbohong, saya tidak berkata buruk kepada orang, saya tidak pernah menghina orang, saya tidak pernah memanggil seseorang dengan sebutan buruk, saya tidak pernah menyakiti seseorang, saya tidak pernah iri hati ataupun hasud dll.

Senin, 21 Mei 2018 16:11

Kiyai dan Pemuda

Marilah kita berusaha untuk memperbaiki kualitas bathin dan intinya amalan kita. Sesungguhnya yang Allah SWT lihat itu bathin dan ruh amalan kita.

Toh, puasa mengajarkan kita menghargai sesama kita. Selamat puasa dengan menghormati perbedaan yang ada. Selamat puasa dengan upaya memahami yang dirasakan oleh saudara kita. Semoga saja, itu yang Tuhan harapkan dari kita. _Wallahu a’lam_.

End of Story

No More Page To Load