Kamis, 27 Desember 2018 15:56

Viral Video Dugaan Kampanyekan Anaknya, Begini Dalih Aa Umbara

Reporter : Fery Bangkit 
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna.
Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna akhirnya angkat bicara perihal viralnya video dirinya yang diduga tengah mengarahkan guru honorer untuk mendukung anak dan adiknya pada Pileg 2019.

Saat ditemui di Hotel Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (27/12/2018), Aa Umbara mengaku tak ambil pusing atas video dugaan dirinya mengkampanyekan dua anggota keluarganya. Ia sudah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) KBB.

Baca Juga : Viral Video Bupati Bandung Barat Bicara Soal Honorer dan Tim Sukses

Aa Umbara membenarkan bahwa sebelumnya memang telah terjadi pertemuan antara dirinya dengan para guru honorer KBB. Dia membantah sudah mengarahkan agar para guru honorer mendukung dua keluarganya dalam Pileg 2019.

"Saya juga kadang tidak teringat karena spontanitas saja. Mengarahkan juga tidak berharap juga tidak. Sambil santai, wong saya juga santai," ujar Aa Umbara.

Baca Juga : Viral Video Aa Umbara Minta Dukung untuk Pencalegan Anaknya, ini Respon Guru Honorer

Aa Umbara mengakui apa yang diucapkannya dalam video itu adalah sebuah kesalahan. Namun, dirinya membantah bahwa sudah ada hitam di atas putih agar honorer menyalurkan dukungannya terhadap anaknya, Ryan Firmansyah yang maju di Pileg DPR RI dan adiknya, Usep yang maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat.

"Gini kita ngobrol terus jujur saja, Cuma itu kesalahan saya barang kali. Kita gak nyebut partai nyebut apa dan itu biasa saja. Gak ada apa-apa," katanya.

Dikatakannya, ia siap dipanggil Bawaslu KBB untuk dimintai keterangan perihal dugaan pelanggaran kampanye itu. "Pastilah (siap dipanggil Bawaslu). Terserah Bawaslu," tandasnya.

Baca Lainnya