Sabtu, 4 Mei 2019 19:28

Ulama ini Ramai-Ramai Apresiasi Kinerja KPU, ini Alasannya!

Reporter : Fery Bangkit 
Foto bersama saat Deklarasi Damai Polres Cimahi Pasca Pemungutan Suara Pilpres dan Pileg.
Foto bersama saat Deklarasi Damai Polres Cimahi Pasca Pemungutan Suara Pilpres dan Pileg. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sejumlah ulama mengapresiasi kinerja penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Terutama Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dinilai bekerja sangat adil dan independen.

Hal itu disampaikan dalam acara Hari Kamtibmas Pasca Pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Gedung Pengabdian Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Sabtu (4/5/2019). Sejumlah perangkat Pemilu, peserta Pemilu, Tomas, Toga, Toda, Ormas dan Mitra Kamtibmas Kota Cimahi dan KBB hadir dalam acara itu.

Baca Juga : Petugas Pemilu yang Jatuh Sakit di Cimahi Capai 28 Orang, Meninggal 2 Orang

KH Sofyan Yahya, salah seorang ulama menilai, KPU dari tingkat daerah hingga pusat bekerja sangat sangat bagus dari penyelenggaraan Pemilu sebelumnya. Bahkan, sangat adil dan independen.

"Saya bilang, Pemilu sekarang ini paling baik. KPU betul-betul independen. Beda dengan dulu. Saya betul-betul merasakan itu," ujarnya.

Baca Juga : Surat Edaran Perpanjangan Diterima, Bawaslu Minta Segera Selesaikan Rekap Suara di PPK Cimahi Selatan

Menurutnya, adil adalah menempatkan sesuatu itu pada tempatnya, bukan berdasarkan hawa nafsu. Artinya, kata dia, KPU sekarang ini sudah adil karena bekerja sesuai aturan dalam menyelenggarakan Pemilu serentak tahun ini.

"Yang namanya adil itu menempatkan sesuai keadaan. Adil itu ada tempatnya, ada aturannya. Track-nya sesuai dengan peraturan yang ada," tegasnya.

Acara Hari Kamtibmas Pasca Pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Gedung Pengabdian Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Sabtu (4/5/2019).

Baca Juga : Prabowo-Sandi Menang Telak di KBB, Sekber BPN Gelar Syukuran

Dikatakannya, Pemilu itu bukan ajang untuk berebut kekuasaan atau ajang untuk memecah belah bangsa. Namun melanjutkan kepemimpinan bangsa ini. Tujuannya, agar bangsa ini lebih baik dan lebih berkembang. Ia berharap memasuki bulan Ramadhan ini semua unsur terkait mampu berjalan selaras demi kemajuan bangsa ini.

"Mudah-mudahan Ramadhan menjadi momentum untuk menyatukan visi kita ke depan. Jangan sampai ada ego kelompok, harus dibuang demi bangsa dan negara," imbuhnya.

Hal senada diutarakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi, KH Alan Nur Ridwan. Sejauh ini, kata dia, Pemilu di Kota Cimahi berjalan kondusif. Sebab, semua unsur penyelenggara khususnya Bawaslu bekerja sangat baik sesuai porsinya.

"KPU cukup adil, sudah melaksanakan tugas sesuai kewenangan dan fungsi. Bawaslu cukup cermat," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi seluruh petugas Pemilu yang sudah bekerja siang malam, hingga mengalami kelelahan.

Ketua MUI Kabupaten Bandung Barat, KH Muhammad Ridwan menambahkan, KPU sekarang ini sangat independen sebagai penyelenggara. Hal itu terbukti dari transparansi hasil yang mereka lakukan.

"Terima kasih KPU, Bawaslu bekerja adil dan transparansi, baik daerah sampai ke pusat," tuturnya.

Baca Lainnya