Senin, 11 Februari 2019 11:27

TNI Hingga Linmas Kumpul di Brigif, Ada Apa Nih?

Reporter : Fery Bangkit 
Kodam III/Siliwangi menggelar latihan gabungan pengamanan di Lapangan Brigif 15 Kujang, Jalan Kebon Rumput, Kota Cimahi, Senin (11/2/2019).
Kodam III/Siliwangi menggelar latihan gabungan pengamanan di Lapangan Brigif 15 Kujang, Jalan Kebon Rumput, Kota Cimahi, Senin (11/2/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kodam III/Siliwangi menggelar latihan gabungan pengamanan di Lapangan Brigif 15 Kujang, Jalan Kebon Rumput, Kota Cimahi, Senin (11/2/2019).

Dalam latihan gabungan pengamanan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun ini, ada 650 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP,  Damkar dan Linmas Kota Cimahi.

Baca Juga : Kenapa Politik Harus Jualan Hoax? Murah lagi

Ada beberapa simulasi yang diperagakan dalam latihan, dimulai dari status keamanan hijau alias kondisi masih aman, namun riak-riak aktifitas Pemilu sudah dimulai. Dilanjut dengan status kuning, yang artinya kondisi mulai terlihat ada gangguan serta status merah yang artinya ancaman gangguan Pemilu sudah benar-benar terjadi.

Praktik latihan pun meliputi tiga status itu. Dimana para personel gabungan memeragakan berbagai aksi pengamanan. Seperti pengamanan kericuhan yang dilakukan oleh masa hingga penanggulangannya. Kemudian, ada juga penanganan kerusakan yang terjadi saat ancaman pengrusakan berbagai fasilitas Pemilu.

Baca Juga : Inilah Rincian Kebutuhan Logistik Pemilu 2019 yang Masih Kurang di Kota Cimahi

Usai pelatihan, Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Nurcahyanto mengatakan, latihan pengamanan kali ini merupakan rangkaian puncak simulasi yang dilaksanakan sejak 28 Januari lalu. Melalui kegiatan ini, seluruh personel akan tahu tindakan yang mesti dilakukan prajurit dalam menghadapi ancaman Pilkada.

"Dari sini, prajurit akan tau, akan paham apa yang harus dilakukan. Sudah ada gambaran, dari mulai hijau, kuning hingga merah," ujarnya.

Baca Juga : Kapan Surat Suara Pemilu Didistribusikan ke Kota Cimahi?

Dikatakannya, dalam menghadapi ancaman Pemilu, sinergitas antar lembaga seperti TNI, Polri dan unsur pemerintahan sangat dibutuhkan untuk menciptakan situasi kondusif. Pengamanan Pilkada Jabar 2018 lalu bisa menjadi gambaran untuk pengamanan dalam Pemilu tahun ini.

"Jabar sangat kondusif menjadi modal dasar pengamanan. Kita ingin semuanya pengamanan Pemilu lancar dan aman," katanya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer