Selasa, 10 Juli 2018 19:22

Tengah Pendaftaran Bacaleg, RSUD Diserbu Bacaleg Asal Cimahi Hingga Cianjur

Reporter : Fery Bangkit 
Sejumlah Bacaleg Tengah Melaksanakan Sejumlah Tes Kesehatan di RSUD Cibabat, Jln. Amir Mahmud, Selasa (10/7/2018).
Sejumlah Bacaleg Tengah Melaksanakan Sejumlah Tes Kesehatan di RSUD Cibabat, Jln. Amir Mahmud, Selasa (10/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sejak dibuka pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), Rumas Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat diserbu ratusan orang.

Ratusan orang tersebut tengah menjalani tes kesehatan yang terdiri dari tes fisik, tes narkoba, dan tes kesehasan jiwa. Beberapa tes kesehatan itu merupakan salah satu syarat pencalonan mereka menuju DPRD Kota Cimahi.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Cibabat dr. Rina Kuswidiati mengatakan, pelayanan tes kesehatan bagi Bacaleg dilakukan RSUD Cibabat sesuai Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Di wilayah Cimahi-KBB hanya RSUD Cibabat yang ditunjuk untuk tes kesehatan Bacaleg. Sudah sepekan berlangsung, dalam sehari rata-rata puluhan orang yang ikut," ungkapnya di RSUD Cibabat, Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Cimahi, Selasa (10/7/2018).

Selain Bacaleg asal Cimahi dan Bandung Barat, RSUD juga menerima Bacaleg dari Cianjur.

Dikatakan Rina, setiap per Bacaleg menjalani rangkaian tes satu sampai dua hari. Tes narkoba dilakukan dengan pengambilan sampel urin dan diperiksa menggunakan cairan reagent khusus.

Lalu ada tes fisik meliputi anamnesa dan pemeriksaan fisik, serta tes kesehatan jiwa dengan Tes Psikometrik MMPI yang dijalani selama 2-3 jam.

"Untuk hasil tes narkoba dan tes kejiwaan harus disusul dengan wawancara. Setelah entri data,  dianalisa, lalu dikonfirmasi kepada yang bersangkutan. Misal ada yang terdeteksi gangguan jiwa dengan berbagai tahapan harus dikonfirmasi sebelum dicantumkan dalam lembar hasil tes kesehatan. Termasuk tes narkoba juga, misal yang terdeteksi positif sedang dalam masa pengobatan harus membuktikan lewat resep dokter dan lainnya," beber Rina.

Hasil tes kesehatan dapat diambil Bacaleg secara mandiri maupun kolektif Partai Politik (Parpol). "Kami butuh waktu lebih lama. Sebelum pengajuan syarat bacaleg ke KPU tanggal 17 Juli akan kami rampungkan," tandasnya.

Baca Lainnya