Rabu, 25 Juli 2018 15:20

Tanpa Dihadiri Kado dan Emas, KPU Tetapkan Akur Pemenang Pilbup KBB 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) [limawaktu]

Limawaktu.id,- Aa Umbara-Hengky Kurniawan (Akur) resmi ditetapkan sebagai pemenang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat periode 2018-2023.

Penetapan pemenang dilakukan dalam Rapat Pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang memutuskan pasangan nomor urut tiga itu sebagai pemenang Pilkada KBB 2018, Rabu (25/7/2018).

Baca Juga : Emas Legowo, Kado Ngotot Tunggu Real Count

Keduanya menang angka telak dengan selisih mencapai 20% atas dua pasangan calon lainnya yakni Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) di posisi kedua dan Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) diperingkat terakhir.

Tampak hadir Penjabat (Pj) Bupati KBB Dadang M Masoem, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan.

Baca Juga : Sidang Pleno Terbuka KPU KBB : Bangku Kosong Hingga Laptop 'Nge-hang'

Sementara paslon Elin-Maman (Emas) dan Doddy-Pupu (Kado) tidak hadir dan hanya diwakili oleh tim suksesnya masing-masing.

Ketua KPU KBB Iing Nurdin menyebutkan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini setelah tidak ada gugatan dari paslon yang kalah dan telah ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi. Oleh karena itu usai dinyatakan secara resmi menjadi pemenang maka Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan tinggal menunggu proses pelantikan. Dirinya berharap paslon terpilih bisa mewujudkan janji-janji kampanyenya seperti saat disampaikan pada tiga kali debat yang dilakukan.

Baca Juga : BMI dan Tim Emas Dorong Bupati KBB Terpilih Tunaikan Janji Politiknya

"Kami ucapkan selamat kepada paslon terpilih dan semoga dapat menjadi bupati bersama masyarakat KBB. Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada masyarakat KBB dan semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018," katanya.

Iing menjelaskan, dari total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.158.564 angka partisipasi pemilihnya mencapai 77,8%. Secara keseluruhan paslon nomor urut satu Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) meraih 194.936 suara, nomor dua Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) 250.627 suara dan paslon nomor tiga Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur) meraih 420.137 suara. Dengan jumlah suara syah ada 865.700 dan suara tidak syah 36.854.

Bupati terpilih Aa Umbara Sutisna mengatakan, terima kasih kepada semua pihak dan tim yang telah menyukseskan paslon Akur. Dia pun menyampaikan selamat kepada KPU KBB yang berhasil meningkatkan angka partisipasi pemilih hingga mencapai 77,8% atau naik dari pilkada sebelumnya yang hanya 74%. Ini menjadi cerminan jika pelaksanaan pilkada di KBB berjalan dengan aman dan sukses.

"Layaknya kompetisi, ketika sudah ditetapkan sebagai pemenang, pesta selesai dan ucapan selamat diterima, maka kini Akur adalah milik semua masyarakat KBB. Kami juga siap berkerja sama dengan semua pihak untuk memajukan KBB lima tahun ke depan," tandasnya.

Seperti diketahui pada Pilkada KBB 2018 diikuti oleh sebanyak tiga paslon. Yakni pasangan Elin-Maman yang didukung oleh PDIP (12 kursi), PPP (5), dan PKB (4), Perindo dan Berkarya, pasangan Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati yang didukung oleh Golkar (6), Hanura (4), dan Gerindra (5). Kemudian pasangan Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan didukung Partai Demokrat (4 kursi), PAN (3), PKS (4), PKPI (1), dan NasDem (2).

Baca Lainnya