Kamis, 12 Oktober 2017 17:26

Tak Sinkron, KPU Cimahi Kembalikan Berkas Partai Gerindra, PDIP dan PSI

Politik KPU Cimahi
Petugas KPU Kota Cimahi memeriksa berkas keanggotan parpol
Petugas KPU Kota Cimahi memeriksa berkas keanggotan parpol. [Limawaktu]

Limawaktu.id, - Hingga delapan hari berjalan, baru empat partai politik yang menyerahkan bukti keanggotaan partai kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi.

Penerimaan bukti keanggotaan partai dimulai sejak 3 Oktober, dan akan ditutup 16 Oktober nanti. Berdasarkan data KPU Kota Cimahi, hingga 12 Oktober, baru empat partai yang menyerahkan.

Keempat partai tersebut ialah Partai Perindo, Partai Gerindra, PDIP dan PSI. Dari keempatnya, hanya Partai Perindo yang berkas keanggotaannya dinyatakan sah oleh KPU Kota Cimahi.

Ketua KPU Kota Cimahi Handi Dananjaya menjelaskan, berkas keanggotaan, Partai Gerinda dikembalikan karena adanya selisih antara jumlah KTA dan KTP dengan jumlah Sistem Informasi Partai Politik (Sippol) KPU RI.

“Partai Gerindra pusat belum daftar, sehingga masih ada pergerakan angka. Kami menyarankan tingkat pusat daftar, sehingga angka di Sippol sudah sinkron,” jelasnya, saat ditemui di Sekretariat KPU Kota Cimahi, Jalan Pesantren, Kamis (12/10/2017).

Permasalahan hampir sama juga dialami PDIP dan PSI. Berkas keanggotaan PDIP harus dikembalikan lantaran tidak ada kecocokan, antara Sippol dengan KTA serta KTP.

“PSI itu data keanggotaannya banyak yang ganda. Rata-rata partai harus melengkapi,” kata Handi.

Penyerahan bukti keanggotaan partai politik di Kota Cimahi hanya menyisakan empat hari. Melihat peliknya permasalahan tersebut, KPU Kota Cimahi telah mengundang 18 partai politik yang terdata di Kota Cimahi.

KPU Kota Cimahi menyarankan, sebelum para partai menyerahkan bukti keoanggotaan, data-datanya agar diperiksa detail dan komunikasi dengan DPP masing-masing.

“Kami menginginkan sebelum partai menyampaikan berkas, kami ingin temen-temen partai komunikasi dulu ke DPP,” imbuhnya. (kit)*