Rabu, 29 November 2017 16:44

Tak Satupun Bapaslon Perseorangan yang Memenuhi Syarat, KPU KBB Gagal Sosialisasi?

Reporter : Jumadi Kusuma
KPU KBB dianggap gagal sosialisasi soal bapaslon independen.
KPU KBB dianggap gagal sosialisasi soal bapaslon independen. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Masa penyerahan berkas Bapaslon (Bakal Pasangan Calon) Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat dari tanggal 25-29 November 2017. Dari tiga bapaslon yang berniat mendaftar, akhirnya hanya konsultasi saja. Padahal hari ini (29 November) adalah hari terakhir penyerahan berkas.

Ketiga bapaslon perseorangan yaitu H. Zaenal Abidin dan Asep Ridwan, Hj. Ikke Dewi Sartika dan Uban Yunara Dada Priatna, serta Muhamad Raup dan Wawan Saefullatif tidak membawa syarat dukungan yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu syarat minimal dukungan sejumlah 76.409 yang tersebar disembilan kecamatan di Kabupaten Bandung Barat.
Dalam kesempatan menerima bapaslon perseorangan, Ketua KPU KBB Iing Nurdin berulangkali menjelaskan tentang syarat dukungan minimal untuk bapaslon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati berdasarkan ketentuan Undang-undang No.10 tahun 2016 dan aturan teknis Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.3 tahun 2017 dan PKPU No. 15 tahun 2017.

Muhamad Raup salah seorang bakal calon Bupati perseorangan dalam sambutannya pada acara Penerimaan Berkas Bakal Calon Perseorangan Bupati dan Wakil Bupati, menyatakan, "Ketika tidak ada calon dari independen, berarti KPU cacat hukum dan gagal, di kabupaten lain ada calon independen dan terus menerus sosialisasi supaya masyarakat tahu, kami tidak main-main mencalonkan diri," tegas Raup, yang juga ketua Pokja Wartawan Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu Komisioner KPU KBB Divisi Logistik Adie Saputro tidak menjawab saat Limawaktu.id mempertanyakan faktor penyebab ketidakfahaman bapaslon perseorangan terkait mekanisme dan syarat minimal dukungan, Selasa (29/11/2017). (jk)*

Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Hadduuuuh

29 November 2017 12:03 Balas