Senin, 23 Oktober 2017 17:39

Tak Mau Rusak Tatanan Demokrasi, Calon PPK di Tes Narkoba

Petugas BNN Jawa Barat Melakukan Tes Narkoba Untuk PPK
Petugas BNN Jawa Barat Melakukan Tes Narkoba Untuk PPK [Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 176 calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kab Bandung mengikuti tes bebas Narkoba agar penyelenggara Pemilu bisa bekerja maksimal. Tes dilakukan 5 petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kab Bandung Hedi Ardia mengungkapkan, tes narkoba ini bukan sekadar gaya-gayaan tapi menyasar esensinya agar mereka yang dipercaya negara mengawal jalannya pesta demokrasi di  kecamatan se-Kab Bandung bisa bekerja maksimal. Artinya, ketika seseorang yang masih berjibaku dengan narkoba yang bersangkutan masih memiliki persoalan dengan pribadinya.

"Ketika seseorang belum selesai dengan urusan pribadinya, dia tidak akan bekerja optimal dalam menjalankan tugas sebanyai pengawas pemilu," katanya, kepada wartawan, Senin (23/10/2017).

Selain itu, narkoba bisa merusak tatanan demokrasi dengan cara merusak generasi. Ketika generasi sudah rusak oleh zat terlarang itu, otomatis rusak pula partisipasi Pemilu.

“Apalah artinya Pemilu tanpa partisipasi. Dengan kata lain, partisipasi adalah jantungnya demokrasi,” pungkasnya. (lie)

Baca Lainnya