Rabu, 20 Juni 2018 23:36

Surat Suara Pilbup Bandung Barat Mulai Didistribusikan Esok

Reporter : Fery Bangkit 
Pilkada Serentak 2018.
Pilkada Serentak 2018. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat 2018 akan didistribusikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KPU) mulai Kamis (21/6/2018).

Surat suara itu ditargetkan selesai didistribusikan kepada semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada H-2 sebelum hari pencoblosan pada 27 Juni 2018.

Baca Juga : Pilkada Langsung menuju Demokrasi yang Lebih Baik

Ketua KPU KBB Iing Nurdin mengatakan, secara bertahap pihaknya sudah mendistribusikan beberapa logistik pemilihan ke setiap PPK.

"Kita sudah terima beberapa hari lalu (logistik), surat suara sudah dilipat dan disortir," katanya saat dihubungi, Rabu (20/6/2018).

Baca Juga : Ketua Apdesi KBB Jamin Kades di Bandung Barat Netral Saat Pilbup KBB dan Pilgub Jabar 2018

Selain surat suara, kelengkapan lainnya pun sudah diterima, seperti bilik suara, dan Kota suara. Begitu juga dengan kelengkapan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti bantalan, tinta, segel dan lainnya sudah disiapkan, dan semua disesuaikan dengan kebutuhan TPS di setiap kecamatan.

Kendati begitu, Iing mengaku sudah ada beberapa logsitrik yang dikirimkan ke setiap kecamatan, seperti bilik suara. Memang, beberapa kelengkapan lainnya masih ada yang belum diterima, seperti sampul-sampul, di antaranya sampul D, dan formulir D.

Baca Juga : SEJUK: Media Jangan Mentoleransi Politisasi SARA dalam Pilkada 2018

"Kalau surat suara besok (didistribusikan). Mudah-mudahan logistik yang belum kita terima dari provinsi bisa segera selesai dan didistribusikan secepatnya ke setiap PPK," ujarnya.

Iing pun menargetkan semua logistik kebutuhan pemilu pada H-2 sudah bisa diterima semua PPK. KPU mau semua logistik sudah dikirimkan, namun saat dikonfirmasi ke provinsi dari percetakannya juga belum selesai.

Baca Juga : MEMBUDAYAKAN PERILAKU SADAR HUKUM DALAM PENYELENGGARAAN PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH

"Target kita H-2, semua logistik sudah diterima PPK dan PPS. Kalau ke TPS maksimal H-1," ujarnya.

Untuk pengawalan surat suara sendiri, Iing menyebutkan sudah berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, dan Satpol PP untuk melakukan pengawalan ke 2.920 TPS yang ada di Bandung Barat.

Baca Juga : KPU KBB Mulai Sortir Surat Suara Pilbup KBB dan Pilgub Jabar 2018

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana mengaku sudah pasti kepolisian akan melakukan pengawalan saat KPU mendristibusikan surat suara. Bahkan, tidak hanya surat suara yang dikawal tapi semua logistik keperluan pemilu dikawal, itu dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap potensi-potensi yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada.

"Pengawalan pasti kita lakukan, bersama-sama dengan TNI," katanya belum lama ini.

Selain masalah pengawalan logistik, jelang pemungutan suara Pemilihan Bupati Bandung Barat dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Polres Cimahi telah memetakan tempat pemungutan suara (TPS) di Bandung Barat. Sejauh ini, polisi menyatakan belum ada TPS rawan atau yang patut diberikan perhatian lebih dari aparat berwajib.

"Hingga saat ini belum ada yang menghawatirkan, insya allah semuanya akan aman. Kami minta peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan sampai tahapan Pilkada berakhir," ujarnya.

Untuk melakukan pengamanan di TPS, jumlah personelnya disesuaikan dengan tingkat kerawanan di setiap TPS. Bila daerahnya dikategorikan aman, akan ada dua anggota polisi yang mengontrol atau mengawasi kondisi keamanan di 16 TPS.

Tapi apabila nantinya dikategorikan daerah rawan, maka dua orang anggota tersebut hanya akan membeck up di dua TPS saja. Untuk kategori daerah rawan dibagi dua, rawan 1 dan rawan 2. Untuk daerah rawan 1, petugas hanya membeck up untuk 2 TPS. Sedangkan rawan 2, dua personel akan menjaga di empat TPS.

Sementara itu, jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Bandung Barat dan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mencapai 1.158.565 jiwa yang akan menentukan pilihannya di 2.920 TPS di 16 kecamatan di Bandung Barat. Untuk TPS terbanyak berada di Kecamatan Lembang dengan jumlah 604 TPS, sedangkan TPS paling sedikit di Kecamatan Saguling dengan 91 TPS.

Baca Lainnya